5 Cara Membuat Salad untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Riska Fitria - detikFood Senin, 20 Sep 2021 06:00 WIB
5 Cara Membuat Salad untuk Diet Menurunkan Berat Badan Foto: iStock
Jakarta -

Membuat salad tidak hanya sekadar mencampurkan berbagai jenis sayur-sayuran saja. Begini cara membuat salad yang benar untuk diet.

Salad merupakan makanan sehat karena terbuat dari sayur-sayuran atau buah-buahan. Biasanya salad juga dilengkapi dengan aneka saus, sehingga membuat sayuran lebih enak rasanya.

Ada banyak nutrisi sehat yang didapatkan dari mengonsumsi salad. Terutama karena semau bahannya segar, tidak dimasak.Mulai dari serat, vitamin dan juga mineral. Itulah mengapa salad cocok untuk membantu menurunkan berat badan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui saat membuat salad. Sebab membuat salad tidak hanya sekadar mencampurkan sayur-sayuran saja, tetapi harus diperhatikan jenis, nutrisi dan sausnya.

Berikut 5 cara membuat salad untuk diet menurunkan berat badan:

1. Pilihlah Sayuran Hijau

5 Cara Membuat Salad untuk Diet Menurunkan Berat Badan5 Cara Membuat Salad untuk Diet Menurunkan Berat Badan Foto: iStock

Sayuran hijau adalah bahan utama yang penting dalam membuat salad. Itu karena sayuran hijau mengandung banyak nutrisi sehat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kamu bisa memilih sayuran hijau yang mudah ditemui di pasaran. Seperti kale, selada, bayam, brokoli, beragam jenis lettuce. Dari sekian banyak sayuran hijau selada yang paling sering dipakai.

Selada memiliki banyak vitamin yang terkandung di dalamnya. Mulai dari vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Selain itu, selada juga kaya akan zat besi, kalium, kalsium, folat, dan serat.

Baca Juga: Resep Salad Buah Saus Yogurt yang Cocok Buat Diet

2. Kombinasi Warna Sayuran

Tak melulu hijau, salad juga bisa dibuat dengan mengombinasikan sayuran dengan warna lain. Salad dengan kombinasi warna yang menarik bisa meningkatkan selera makan. Selain itu warna-warni juga menunjukkan kandungan nutrisinya.

Kamu bisa memilih sayuran dengan warna merah, kuning, ungu dan lainnya. Jenis sayuran yang digunakan juga bisa dipilih yang mudah ditemui di penjual sayur.

Misalnya tomat ceri, paprika kuning, paprika merah, wortel, kol ungu, bawangbombay ungu dan lainnya. Selain lebih menarik, nutrisi dari berbagai sayuran itu juga lebih lengkap didapat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Sandwich Sapi Teriyaki"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com