5 Alasan Orang Inggris Minum Teh Campur Susu, Tradisi Sejak Abad 18

Devi Setya - detikFood Senin, 18 Okt 2021 06:00 WIB
5 Alasan Orang Inggris Minum Teh Campur Susu, Tradisi Sejak Abad 18 Foto: Getty Images/iStockphoto/agcreations
Jakarta -

Tradisi minum teh di Inggris selalu menambahkan susu. Rupanya tradisi ini sudah dilakukan sejak abad 18. Ini 5 alasannya.

Campuran teh dengan susu yang disukai banyak orang Inggris ternyata punya sejarah panjang. Dilansir dari Reader's Digest (17/10) teh campur susu sudah dinikmati sejak abad ke-18. Uniknya tradisi ini terus berlangsung hingga sekarang.

Jika dirunut sejarahnya teh yang berasal dari daun Camellia Sinensis sudah dinikmati di Inggris sejak tahun ke-3 SM. Kebiasaan meminum teh di Inggris dipopulerkan oleh Raja Charles II dan istrinya Catherine.

Menurut CNN (17/10) Catherine adalah seorang putri Portugis yang juga pecandu teh. Kecintaannya pada teh itulah yang menjadikan teh sebagai minuman kelas atas istana. Mulai dari sinilah tradisi minum teh kerap dikaitkan sebagai kegiatan para bangsawan.

Popularitas teh semakin berkembang, demikian juga piranti untuk menikmati teh seperti teko dan cangkir yang semakin beragam variannya. Dahulu, cangkir teh yang terbuat dari porselen atau keramik dibanderol dengan harga sangat tinggi.

Disinilah mulai orang Inggris mencampur susu ke dalam seduhan teh. Bukan karena rasanya melainkan agar menjaga cangkir tetap awet dan tidak mudah pecah ketika terkena teh panas.

Berikut fakta seputar teh campur susu yang populer jadi minuman di Inggris:

1. Sejarah teh campur susu di Inggris

Orang Inggris memiliki cara sendiri untuk menikmati secangkir teh. Mereka umumnya mencampur teh dengan susu, tradisi ini dilakukan secara turun temurun bahkan sejak abad ke-18. Tradisi ini bermula semenjak proses pengolahan teh dilakukan dengan cara diseduh dalam teko.

Pada masa itu, masyarakat Inggris biasanya minum teh dari cangkir porselen. Sayangnya saat itu harga cangkir porselen sangat mahal jadi tak semua orang bisa membelinya. Kebanyakan orang mengandalkan cangkir biasa yang lebih tipis dan mudah pecah ketika dituangkan teh panas.

Sebagai solusi, mulailah orang menuangkan susu pada cangkir sebelum menuangkan teh. Tujuannya agar suhu teh tidak terlalu panas ketika masuk ke dalam cangkir.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com