7 Racikan Teh Herbal untuk Atasi Kelelahan hingga Perkuat Imunitas

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 14 Okt 2021 06:00 WIB
Kunyit Foto: iStock
Jakarta -

Tiap jenis teh memiliki manfaatnya sendiri-sendiri. Beberapa racikan teh bahkan bisa dibuat sendiri di rumah untuk mendapatkan khasiatnya secara alami.

Teh merupakan racikan herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami dan memiliki khasiat yang bergantung pada jenisnya. Khasiat dari seduhan teh tersebut datang dari penggunaan bahan dan kandungan komponen di dalamnya.

Tidak hanya menggunakan bahan-bahan tertentu yang sulit didapatkan, beberapa racikan teh bahkan bisa dibuat sendiri di rumah. Cukup menggunakan bumbu dan rempah yang ada di rumah, beberapa jenis teh bisa memberikan hasil yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Bumbu dapur sekalipun dapat diracik menjadi bahan tambahan untuk membuat segelas teh lebih berkhasiat. Seperti tujuh racikan teh berikut ini yang bisa dengan mudah diracik di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang cukup mudah didapatkan di dapur-dapur rumahan.

Berikut ini 7 racikan teh yang bisa dibuat di rumah menurut Wanderlust:

racikan teh hijau yang menyehatkan, bisa ditambahkan jahe, lemon, madu, hingga daun mint.Foto: Getty Images/iStockphoto

1. Teh Hijau, Jahe, dan Kayumanis

Racikan yang satu ini bermanfaat untuk mengatasi kelelahan. Teh hijau memiliki kandungan kafein yang secara alami dapat membantu memproduksi energi dengan pelepasan energi yang lambat dan tidak memberikan lonjakan yang terlalu mengejutkan.

Sedangkan kunyit memiliki manfaat antioksidan yang baik untuk menyegarkan tubuh. Ditambah dengan jahe yang dapat mengatasi fungsi kognitif dan kelelahan yang terjadi pada otak. Ketika dicampurkan bersamaan, ketiganya akan menghasilkan manfaat yang sangat baik untuk mengatasi kelelahan.

2. Ketumbar dan Adas

Racikan ketumbar dan adas ini bermanfaat untuk membuat tubuh siap kembali beraktivitas. Ketumbar dan adas memiliki manfaat yang sangat baik, salah satunya adalah menyegarkan tubuh dan meningkatkan imunitas.

Sering digunakan sebagai bahan pelengkap dan bumbu dalam masakan, ketumbar dan adas bisa juga diracik dan diseduh menjadi secangkir teh. Racikan teh ini juga diakui dapat mengatasi inflamasi hingga sembelit.

Baca juga: 5 Teh Herbal Penambah Imunitas Ini Sangat Baik Dikonsumsi Saat Pandemi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Pedas Menggugah Dori Sambal Matah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com