5 Manfaat Sehat Minum Air Ketumbar, Naikkan Imunitas dan Detoks Tubuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 29 Agu 2021 09:00 WIB
5 Manfaat Sehat Minum Air Ketumbar, Naikkan Imunitas dan Detoks Tubuh Foto: iStock
Jakarta -

Ketumbar dikenal sebagai bumbu dapur, tapi tahukah kamu kalau air ketumbar adalah minuman berkhasiat? Manfaatnya banyak, termasuk untuk meningkatkan imunitas tubuh!

Selama ini orang mengenal ketumbar sebagai bumbu dapur. Bentuknya berupa biji yang bisa dicampurkan ke dalam masakan. Selain itu, daun ketumbar juga umum dipakai sebagai pelengkap hidangan.

Ketumbar merupakan sumber vitamin A dan C yang sangat baik. Berbagai vitamin dan mineral juga terkandung dalam tumbuhan bernama latin Coriandrum sativum ini.

Tapi tahukah kamu kalau ketumbar juga bisa dijadikan minuman herbal menyehatkan? Air ketumbar biasanya diminum di pagi hari untuk mendapat beragam khasiatnya.

Cara membuat air ketumbar mudah. Cukup dengan merendam biji ketumbar semalaman di air minum. Komposisinya bisa 1 sendok makan (sdm) biji ketumbar di dalam 1 gelas air minum.

Nantinya di pagi hari, kamu tinggal menyaring biji ketumbar dan meminum airnya. Bijinya jangan langsung dibuang. Keringkan kembali dan nantinya bisa digunakan seperti biasa untuk masak.

Mengutip Times Wow News (27/8), berikut 5 manfaat minum air ketumbar untuk kesehatan?

1. Tingkatkan imunitas

Ketumbar terkenal dengan manfaatnya untuk meningkatkan imunitas. Antioksidan di dalam ketumbar bisa bantu melawan aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.

Antioksidan dalam ketumbar antara lain terpinene, quercetin, dan tocopherols. Kandungan antioksidan ini juga membuat ketumbar memiliki sifat antiinflamasi, antikanker, dan mampu melindungi saraf.

2. Lancarkan pencernaan

5 Manfaat Sehat Minum Air Ketumbar, Naikkan Imunitas dan Detoks Tubuh5 Manfaat Sehat Minum Air Ketumbar, Naikkan Imunitas dan Detoks Tubuh Foto: iStock

Manfaat minum air ketumbar ini cocok untuk kamu yang sering merasakan gangguan pencernaan. Air ketumbar bisa bantu melancarkan sistem pencernaan sekaligus meningkatkan metabolisme.

Air ketumbar bahkan disebut bisa mengurangi gejala seperti perut bergas dan perut tak nyaman. Pada beberapa orang, ketumbar juga bisa meningkatkan nafsu makan.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com