5 Makanan dalam Alquran Ini Bantu Atasi Gangguan Pernapasan

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 06 Agu 2021 06:00 WIB
olive tree branch dipped in bowl of olive oil Foto: iStock
Jakarta -

Alquran menyebutkan banyak makanan sehat dan bermanfaat. Seperti makanan yang bersifat antiinflamasi untuk atasi gangguan pernapasan ini.

Tidak hanya memuat hal-hal yang harus dilakukan dan dihindari oleh umat Muslim, Alquran juga menjelaskan berbagai khasiat makanan. Banyak sekali buah dan rempah yang disebutkan dalam Alquran karena manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Beberapa buah dan rempah bahkan diketahui memiliki komponen antiinflmasi yang dapat meredakan infeksi dan gangguan pada pernapasan. Makanan yang disebutkan dalam Alquran ini secara medis juga diakui sangat bermanfaat, terutama pada masa pandemi Covid-19.

Coronavirus yang menyerang pernapasan perlu diatasi dengan makanan-makanan yang dapat meredakan gangguan pernapasan. Komponen antiinflamasi dalam makanan menjadi salah satu yang dibutuhkan untuk meredakan infeksinya.

Berikut ini 5 makanan dalam Alquran yang bisa membantu atasi gangguan pernapasan:

jus delima untuk kanker prostatFoto: GettyImages

1. Delima

Buah delima mengandung flavonoid dan antioksidan yang memiliki peran sebagai antiinflamasi. Kedua zat yang ada di dalam buah delima tersebut dikatakan dapat membantu memaksimalkan kinerja paru-paru.

Selain melindungi paru-paru, buah delima juga dapat membantu menekan pertumbuhan sel-sel kanker dan membuang racun sehingga akan melindungi paru-paru dan saluran pernapasan. Nutrisi delima juga mampu membantu atasi penyembuhan pasien kanker paru-paru.

Buah delima ini bahkan disebutkan sebanyak tiga kali dalam Alquran yaitu pada surat Al-An'am ayat 99 dan 141 serta pada surat Ar-Rahman ayat 68. Dalam sebuah hadist, buah delima dikatakan sebagai buah dari surga.

"Tidaklah buah delima yang ada pada kalian sekarang ini, melainkan sebahagian daripada buah delima dari surga," HR. Al-Dzabi.

Baca juga: 5 Makanan dalam Alquran dan Sunnah Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

2. Jintan Hitam

Jintan hitam merupakan rempah yang dijuluki sebagai rahasia kesehatan dari tanah Arab. Manfaatnya sudah dibuktikan ilmuwan kesehatan arab, Ibnu Sina, sebagai pengobatan alternatif untuk sesak nafas dan asma.

Rempah yang punya nama lain habbatussauda ini juga diakui sebagai tanaman herbal yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang kompleks. Mulai dari bronkhitis, flu, batuk, flu babi serta sesak nafas yang banyak dialami oleh pasien Covid-19.

Jintan hitam juga memiliki sifatantibakteri danantivirus yang sangat baik untuk membasmi virus penyebab hepatitis C,HIV, flu dan banyak lagi. Infeksi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus juga sangat baik diatasi dengan cara mengonsumsihabbatussauda atau jintan hitam secara rutin.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com