5 Aturan Makan Sehat Mengikuti Anjuran Al-Quran

Devi Setya - detikFood Kamis, 04 Feb 2021 05:00 WIB
5 Aturan Makan Sehat Mengikuti Anjuran Al-Quran Foto: Getty Images/faidzzainal
Jakarta -

Dalam ajaran Islam, cara makan juga diatur dengan detail. Dalam Al-Quran bahkan tercatat anjuran pola makan sehat yang halal dan thoyib agar tubuh sehat.

Nabi Muhammad SAW memang memberi banyak paparan soal makanan dan cara makan menurut Islam. Panduan makan juga sebenarnya tertulis dalam Al-Quran. Beberapa surah menjelaskan soal makanan yang baik dikonsumsi dan juga makanan yang dilarang dikonsumsi umat muslim.

Bukan hanya soal halal dan haram, umat muslim sejatinya juga harus mengonsumsi makanan yang thoyib atau baik. Ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis-hadis nabi banyak sekali menjelaskan tentang makan dan makanan yang dapat memelihara kesehatan manusia.

Jika diikuti, jenis makanan dan cara makan menurut anjuran Al-Quran ini memberikan dampak positif pada tubuh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut pola makan yang tercatat dalam Al-Quran dan bisa jadi panduan.

1. Makan makanan hasil laut

5 Aturan Makan Sehat Mengikuti Anjuran Al-Quran5 Aturan Makan Sehat Mengikuti Anjuran Al-Quran Foto: Getty Images/faidzzainal

Sumber makanan dari laut sangatlah berlimpah. Sebut saja misalnya ikan, udang, cumi hingga kerang, semuanya baik untuk dikonsumsi dan mengandung nilai gizi tinggi.

Dalam Islam bahkan ditegaskan apapun yang terdapat di laut memiliki sifat halal. Bahkan bangkai ikan pun halal untuk dimakan. Demikian juga dalam Al-Quran surah Al- Fatir ayat 12 yang menyebutkan anjuran untuk makan aneka sumber makanan dari laut.

"Dan tiada sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur." (QS. Al Fatir : 12)

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Soto Padang yang Penuh Rempah dan Tetelan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com