Genmaicha, Teh Beras Khas Jepang yang Kaya Antioksidan

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 15 Agu 2021 08:01 WIB
Teh beras Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Tak hanya teh hijau dan matcha, Jepang juga memiliki teh berkhasiat dari beras. Namanya genmaicha yang kaya antioksidan dan manfaat lainnya.

Teh adalah minuman favorit banyak orang. Ada 4 jenis teh yang banyak dikenal orang, yaitu teh hitam, teh putih, teh hijau, dan teh oolong.

Selain keempat teh tersebut, masih banyak lagi jenis teh di dunia. Ada yang terbuat dari tanaman herbal, bunga, hingga beras. Seperti genmaicha, teh khas Jepang yang terbuat dari campuran daun teh hijau dan brown rice.

Teh ini cukup populer di Jepang karena diketahui menyimpan beragam nutrisi penting. Mulai dari kaya antioksidan hingga baik untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: dr Richard Lee Ungkap 5 Bahan Alami untuk Wajah Awet Muda dan Kencang!

Dilansir dari Times of India (13/8), berikut manfaat teh beras dan cara membuatnya.

1. Apa itu genmaicha?

Teh berasTeh beras Foto: Getty Images/iStockphoto

Genmaicha adalah salah satu jenis teh khas Jepang yang memadukan antara daun teh hijau dengan brown rice. Teh ini biasa dinikmati hangat tanpa campuran apapun.

Teh beras juga terdapat di Meghalaya, India. Orang lokal menyebutnya cha-koo, di mana cha mengacu pada teh dan kho adalah beras dalam bahasa lokal.

Karena ada campuran dari beras yang dipanggang, tentu saja minuman ini memiliki sensasi rasa berbeda dari teh biasa. Tak hanya seperti teh, tapi genmaicha atau teh beras ini memiliki sensasi rasa sedikit pahit seperti kopi hitam.

2. Tidak Disajikan dengan Gula

Untuk menikmati teh di Indonesia biasa ditambahkan gula atau susu. Namun, teh beras biasa dinikmati tanpa gula sama halnya menikmati teh khas Jepang atau China secara tradisional.

Meski begitu, ada juga orang yang menambahkan gula ke dalam seduhan teh beras ini. Teh beras yang ditambahkan gula ini memiliki sensasi nikmat, rasa manisnya juga tidak berlebihan.

Baca Juga: 5 Teh Herbal Penambah Imunitas Ini Sangat Baik Dikonsumsi Saat Pandemi

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com