Cara Minum Air Putih dari dr Zaidul Akbar agar Tubuh Sehat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 19 Agu 2021 05:00 WIB
Ini Pentingnya Minum Air Putih Saat Menjalani Ibadah Puasa Foto: iStock
Jakarta -

Minum air putih ternyata ada caranya agar tubuh mendapat manfaat maksimal. dr Zaidul Akbar mengungkap cara minum air putih yang tepat sekaligus anjuran minum air putih sebelum salat.

dr Zaidul Akbar dikenal sebagai dokter sekaligus pendakwah yang mempopulerkan konsep Jurus Sehat Rasulullah (JSR). Berupa pola hidup yang menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai 'role model'.

Urusan makan dan minum pun, dr Zaidul mengungkap berbagai aturan dalam Islam yang hendaknya ditiru Muslim. Hal ini berkaitan dengan kebaikan yang bakal didapat nantinya.

dr Zaidul Akbar yang Mempopulerkan JSRFoto: Koleksi Pribadi dr Zaidul Akbar

Minum air putih pun ada caranya. Dalam ceramah dr Zaidul yang diunggah YouTube Bisikan.com (30/7/21), ia mengungkap cara minum air putih yang tepat agar tubuh tetap sehat.

Pertama, minum air putih dalam suhu hangat atau biasa. Jangan minum air es. "Kenapa tiba-tiba ada sensasi pengin minum yang dingin? Jadi ketika Anda lagi pengin minum dingin itu sebenarnya ada keringat di badan kita yang perlu dikeluarkan," jelas dr Zaidul.

Namun hendaknya keinginan minum air dingin itu tidak dituruti. "Minum air hangat atau normal saja sebab apa? Kalau kita minum yang dingin, apa yang terjadi, dia akan nagih lagi, nagih lagi," lanjut dr Zaidul.

Minum Air Dingin Saat Buka Puasa, Amankah untuk Kesehatan?Foto: Getty Images/peepo

Minum air dingin terus menerus, menurut dokter lulusan Universitas Diponegoro, ini bisa membuat ginjal tergerus. Hal ini tentu saja membahayakan kondisi kesehatan.

Cara minum air putih kedua adalah tidak minum saat makan. dr Zaidul mengatakan, "Itu buruknya luar biasa. Saran saya waktu lagi makan jangan minum. Kapan minumnya? Sebelum dan sesudah makan."

Kamu juga bisa memberi jarak waktu untuk minum. Misalnya 15-30 menit sebelum makan, minum air putih dulu. "Banyakin minum aja dulu, supaya nggak banyak makannya," tambahnya.

Lalu dalam unggahannya di channel YouTube dr. Zaidul Akbar Official (25/7/21), dokter yang hobi berbagi resep sehat ini mengungkap hubungan air putih dengan salat.

Minum Air Dingin Saat Buka Puasa, Amankah untuk Kesehatan?Foto: Getty Images/peepo

Beliau menerangkan, "Waktu mau solat coba minum air putih satu gelas. Lakukan setiap mau solat. Apa yang terjadi? Lihat badan Anda. Karena waktu salat itu adalah waktu perubahan metabolisme di badan dan suhu di bumi."

dr Zaidul melanjutkan, "Maka saat itu adalah waktu terbaik untuk memberikan yang hidup pada badan kita berupa air."

Menurutnya cara minum air putih setiap sebelum salat ini bisa memperbaiki kondisi kesehatan tubuh. Jumlahnya tak mesti banyak, 300 ml sudah cukup.



Simak Video "Kenapa Saat Demam Dianjurkan Banyak Minum Air Putih?"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com