Resep Minuman Sehat Penyegar Sel Tubuh ala dr. Zaidul Akbar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 28 Jul 2021 06:00 WIB
wedang jahe Foto: iStock
Jakarta -

Di tengah pandemi Covid-19, penting untuk menjaga kesehatan. dr. Zaidul Akbar membagikan resep minuman sehat yang bisa menyegarkan sel-sel dalam tubuh.

Kesehatan adalah hal utama yang harus diperhatikan selama pandemi Covid-19. Dengan tubuh yang sehat, maka kekuatan imunitas akan terjaga. Manfaatnya, paparan virus berbahaya bisa dicegah.

Berbagai makanan dan minuman bernutrisi bisa dikonsumsi sebagai usaha menjaga kesehatan. Salah satunya dibagikan oleh dr. Zaidul Akbar.

Baca Juga: Manfaat Kunyit bagi Imunitas Tubuh Selama Pandemi Covid-19

Dokter sekaligus pendakwah ini membagikan resep minuman sehat yang disebutnya mampu menyegarkan sel-sel dalam tubuh. Hal ini lantaran kandungan nutrisi yang luar biasa pada bahan-bahannya.

Berikut resep minuman sehat penyegar sel tubuh ala dr. Zaidul Akbar:

Resep Minuman Sehat Penyegar Sel Tubuh ala dr. Zaidul AkbarResep Minuman Sehat Penyegar Sel Tubuh ala dr. Zaidul Akbar Foto: Instagram zaidulakbar

Bahan:

1 ruas jempol tangan jahe, cuci bersih, kulit tidak perlu dikupas, potong-potong tipis

1 ruas kelingking tangan kunyit, cuci bersih, kulit tidak perlu dikupas, potong-potong tipis

1 buah cabai merah, buang bijinya, potong tipis-tipis

1/4 buah jeruk lemon, peras airnya

200 ml air hangat

Cara membuat:

1. Tuang semua bahan ke dalam gelas kecuali lemon. Masukkan air hangat.

2. Terakhir, masukkan air lemon dan madu secukupnya sebagai pemanis.

3. Diamkan minuman kurang lebih 15-30 menit agar semua bahan larut sempurna.

4. Saring air dan minuman sehat inipun bisa dikonsumsi.

Menurut dr. Zaidul Akbar, minuman sehat ini bagus dikonsumsi mereka yang sedang merasa lelah, letih, atau alami suasana hati buruk. "Ramuan ini bagus banget ada di meja kerja Anda, termasuk yang lagi flu-flu, batuk," katanya.

Dokter yang terkenal dengan konsep Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini berujar, "Kandungan jahe, kunyit, antioksidan dari cabai dan mineral-mineral penting dari jeruk lemon akan menjadi minuman powerful buat sel-sel tubuh kita."

Resep Minuman Sehat Penyegar Sel Tubuh ala dr. Zaidul AkbarResep Minuman Sehat Penyegar Sel Tubuh ala dr. Zaidul Akbar Foto: Instagram zaidulakbar

Bonus lainnya, jahe dan kunyit merupakan jenis rempah yang bermanfaat untuk imunitas tubuh. Kunyit, misalnya, disebut ahli gizi Nikhil Chaudhary sebagai bahan makanan istimewa.

"Kunyit adalah ramuan kuat dengan lebih dari 300 nutrisi termasuk beta-karoten, asam askorbat (vitamin C), kalsium, flavonoid, serat, zat besi, niacin, kalium, dan zinc," ujarnya.

Lalu untuk jahe, rempah ini bahkan tercatat dalam Alquran sebagai bahan minuman surga. Nabi Muhammad SAW bahkan memanfaatkan jahe dan menyebutnya sebagai tumbuhan yang sangat penting.

Hal tersebut pernah dijelaskan dalam sebuah hadits dari Abu Sa'id Al Khudri: "Raja Romawi pernah menghadiahkan kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam satu bejana berisi jahe. Beliau memberikan kepada setiap orang satu potong untuk dimakan dan aku juga mendapatkan satu potong untuk kumakan." (HR: Abu Nuaim)

Baca Juga: Perkuat Imun, Jahe Tertulis dalam Al-Qur'an sebagai Bahan Minuman Surga



Simak Video " Masak Masak: Resep Minuman Penambah Imun ala Chef Martin Praja"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com