Penderita Diabetes Boleh Makan Madu dan Kurma, Ini Penjelasan dr Zaidul Akbar

Devi Setya - detikFood Rabu, 04 Agu 2021 05:00 WIB
Buah Kurma Foto: iStock
Jakarta -

Pakar pengobatan herbal ala Rasulullah SAW, dr Zaidul Akbar menjelaskan kalau penderita diabetes boleh makan madu dan kurma. Dua makanan ini aman dikonsumsi meskipun rasanya manis.

Lewat channel youtubenya dr. Zaidul Akbar Official menjelaskan bahwa orang yang mengidap penyakit diabetes masih boleh makan kurma dan minum madu namun dalam porsi yang dibatasi. Dua bahan makanan ini memang memiliki rasa manis namun ternyata gula alami dalam madu dan kurma bukan pemicu naiknya gula darah.

"Boleh saja, madu dan kurma boleh dikonsumsi penderita diabetes. Ketika kita berbicara soal madu, orang takut, madu memang mengandung gula tapi madu ini kandungan gulanya kompleks, ada nutrisinya, ada vitamin, ada mineral, ada zinc," ujar dr. Zaidul Akbar.

Penderita Diabetes Boleh Makan Madu dan Kurma, Ini Penjelasan dr Zaidul AkbarPenderita Diabetes Boleh Makan Madu dan Kurma, Ini Penjelasan dr Zaidul Akbar Foto: youtube Zaidul Akbar Official

Dalam hal ini pria yang dikenal dengan Jurus Sehat Rasulullah ini mengatakan boleh bagi orang diabetes minum madu asal tidak terlalu banyak. "Kalau orang biasa 3-5 sendok madu per hari, maka orang diabetes kurangi. Tidak apa-apa. Ibu saya juga ada diabetes beliau minum madu," jelasnya.

Kurma dan madu adalah dua sumber makanan yang tercantum dalam Al-Quran, jadi dr. Zaidul Akbar menjamin makanan ini aman dikonsumsi dan baik untuk kesehatan.

"Minta berkahnya sama Allah SWT. Ya Allah dengan aku minum madu maka berikanlah keberkahan," ujar dr. Zaidul Akbar.

Demikian juga dengan kurma, dr. Zaidul Akbar mengatakan kandungan kurma terdiri dari 75 persen gula. Namun gula ini jenis gula buah atau fruktosa.

"Boleh diabetes makan kurma? Bolehlah asal jangan berlebihan. Seberapa berlebihan? Ya kita yang tahu tubuh kita, takar sendiri dikira-kira," lanjutnya.

Ia juga menyarankan untuk melakukan kombinasi makanan. Misalnya setelah minum madu atau makan kurma, coba diimbangi dengan konsumsi herbal yang rasanya pahit seperti sambiloto dan brotowali. Bisa juga dengan minum air rebusan kayu manis untuk mengontrol kandungan gula darah.

Begini Cara Sehat Nabi Muhammad SAW Konsumsi MaduPenderita Diabetes Boleh Makan Madu dan Kurma, Ini Penjelasan dr Zaidul Akbar Foto: iStock

Dalam 100 ml madu secara alami mengandung 79,5 gram karbohidrat; 0,3 gram protein; 5 mg kalsium; 16 mg fosfor dan 26,9 mg kalium. Madu memiliki segudang manfaat, diantaranya yakni memberi energi pada tubuh dan membantu memperkuat sistem imun.

Sementara dalam satu buah kurma seberat 7 gram mengandung 20 kkal kalori; 5,3 gram karbohidrat; 0,14 mg natrium, 4 gram gula dan 0,6 gram serat. Dalam kurma juga sama sekali tidak mengandung lemak.



Simak Video "Bikin Laper: Kepak Madu Buatan Pilot Rupawan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com