Makan Tempe Mentah ala dr Zaidul Akbar, Dicocol Madu Makin Kaya Nutrisi

Devi Setya - detikFood Senin, 12 Jul 2021 16:30 WIB
Tempe Foto: Getty Images/iStockphoto/BanarTABS
Jakarta -

Praktisi kesehatan dr Zaidul Akbar menunjukkan cara sehat makan tempe. Ia menyantapnya mentah dengan cocolan madu.

Dokter yang dikenal dengan teknik pengobatan herbal ala Rasulullah ini sudah berulang kali mengatakan kalau tempe adalah makanan sehat. Olahan kacang kedelai yang difermentasi ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Beberapa kali juga dr Zaidul Akbar menjelaskan ciri tempe yang baik yakni yang diolah menggunakan kacang kedelai lokal. Baru-baru ini, pria berjanggut tebal ini menunjukkan cara makan tempe yang disebut sehat.

dr Zaidul Akbar yang Mempopulerkan JSRMakan Tempe Mentah ala dr. Zaidul Akbar, Dicocol Madu Makin Kaya Nutrisi Foto: Koleksi Pribadi dr Zaidul Akbar

Lewat instagramnya @zaidulakbar, ia berbagi video saat ngemil tempe. Bukan tempe goreng atau tempe orek melainkan tempe mentah yang dimakan dengan cocolan madu.

"Cara sehat makan tempe, tempe merupakan produk fermentasi yang sangat baik dan penuh dengan kandungan gizi berlimpah di dalamnya dan ketika tempe dimakan bersama madu maka kita akan dapat manfaat yang lebih banyak lagi," kata dr Zaidul Akbar pada unggahan video, Minggu (11/7).

Lebih lanjut, dr Zaidul Akbar juga menjelaskan bahwa tempe yang ia santap mentah ini sebenarnya tidak benar-benar mentah. Kedelai yang jadi bahan baku tempe sudah lebih dulu dikukus sebelum dicampur dengan ragi. Jadi tempe mentah pun sebenarnya sudah matang dan aman dimakan.

"Oh ya itu tempe aslinya kedelainya sudah direbus, jadi udah mateng kan, kemudian difermentasi jadilah tempe. Trus yg saya makan itu tempe apa? Ya tempe yang dibuka dari bungkusnya lalu dikasi madu. Nga diapa2in? Nggak. ya gt aja. kan udah direbus kedelainya," beber pria yang dikenal dengan 'Ramuan Cinta' berbahan rempah alami.


Cara makan tempe seperti ini juga bisa jadi pilihan camilan sehat. Selain dengan cocolan madu, dr Zaidul Akbar juga mengatakan bisa dicocol dengan sambal. Atau alternatif lainnya yakni tempe diuleg halus dengan cabe lalu dimakan bersama singkong rebus.

"Jadi faham kan bahwa tempe itu udah mateng, kita aja yang fahamnya bahwa tempenya mentah krn belum di goreng, padahal kedelainya udah mateng direbus," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Resep Tempe Goreng Ragout"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com