5 Diet Terbaik untuk Panjang Umur, Diet Mediterania hingga Okinawa

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 24 Jul 2021 08:00 WIB
Balanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetable Foto: iStock

4. Diet California

Selain Kedelai, 5 Kacang Ini Enak dan Kaya Nutrisi Dibuat TempeFoto: iStock

Diet California dikenal juga dengan nama diet Sonoma yang mengacu pada pola makan orang-orang di pesisir California. Pola diet ini sesungguhnya terinspirasi dari diet Mediterania namun dibagi dalam tiga gelombang.

Gelombang pertama fokus pada pengurangan asupan gula tambahan dan tepung, juga konsumsi beberapa makanan spesifik. Misalnya sarapan dengan 25% biji-bijian dan 75% protein yang disajikan di piring berdiameter 45 cm.

Gelombang kedua fokus pada penurunan berat badan dengan perlahan, dan gelombang ketiga adalah fase pemeliharaan berat badan. Makanan andalan diet California ini adalah ragam buah dan sayur, kacang-kacangan, bijian, dan minyak zaitun yang dikonsumsi setiap hari.

5. Diet Sardinian

Masih dari wilayah Blue Zone, diet Sardinian juga termasuk diet terbaik untuk panjang umur. Orang-orang di sana bisa mencapai umur 100.

Diet Sardinian fokus pada asupan barley, susu kambing, adas, tomat, kacang fava, dan almond. Semuanya membuat tubuh lebih sehat meski sudah memasuki usia lanjut.

Banyak penelitian sudah membuktikan manfaat konsumsi makanan yang disebut dalam diet Sardinian. Kacang fava, misalnya, tinggi serat dan protein, begitupun dengan almond. Konsumsinya baik untuk menyehatkan jantung. Lalu ada adas yang mampu menurunkan kolesterol.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com