Hara Hachi Bu, Pola Diet Jepang yang Bikin Panjang Umur dan Langsing

Devi Setya - detikFood Kamis, 23 Jul 2020 06:00 WIB
Vegan, detox green Buddha bowl recipe with quinoa, avocado, cucumber, spinach, tomatoes, mung bean sprouts, edamame beans, daikon radish. Top view, flat lay Foto: Getty Images/iStockphoto/sveta_zarzamora
Jakarta -

Orang Jepang dikenal dengan pola makannya yang sehat. Termasuk pola diet yang dijalani masyarakat. Diet ini bikin panjang umur, awet muda dan langsing.

Pola diet di Jepang dikenal dengan sebutan Hara Hachi Bu. Pola makan ini disebut-sebut jadi rahasia para orang Jepang yang memiliki umur panjang, wajah awet muda dan badan langsing ideal. Kini diet Hara Hachi Bu dilirik oleh banyak orang.

Dilansir dari Boldsky (23/7) Hara Hachi Bu membantu menjaga sistem pencernaan dalam tubuh seseorang sehingga bisa dikontrol dengan baik. Jika mengikuti diet Hara Hachi Bu dengan benar maka akan mendapatkan manfaat ganda yang bisa langsung dirasakan oleh tubuh.

Berikut pola diet Hara Hachi Bu yang bisa membuat orang panjang umur, awet muda dan langsing.

Baca juga : Sama-sama Populer, Ini Perbedaan Diet ala Jepang dan Barat

1. Apa itu Hara Hachi Bu?

Vegan, detox green Buddha bowl recipe with quinoa, avocado, cucumber, spinach, tomatoes, mung bean sprouts, edamame beans, daikon radish. Top view, flat layVegan, detox green Buddha bowl recipe with quinoa, avocado, cucumber, spinach, tomatoes, mung bean sprouts, edamame beans, daikon radish. Top view, flat lay Foto: Getty Images/iStockphoto/sveta_zarzamora


Hara Hachi Bu memang terdengar unik, banyak orang menganggap ini adalah mantra padahal ini adalah pola makan yang diterapkan oleh kebanyakan orang Jepang. Hara Hachi Bu adalah filosofi makan orang Jepang yang dipercaya berasal dari Okinawa.

Hara Hachi Bun Me atau Hara Hachi Bu adalah pola makan yang mengajak orang untuk makan sampai mereka 80 persen kenyang. Artinya, jangan makan sampai perut benar-benar penuh, sisakan setidaknya 20 persen area kosong pada perut.

Uniknya, prinsip makan seperti ini juga hadir dalam ajaran pengobatan Ayurvedic yang populer di India sejak abad ke-4 SM. "Anda harus mengisi sepertiga perut dengan cairan, sepertiga lainnya dengan makanan, dan membiarkan sisanya kosong."

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Yellowfit Express, Resto Diet Fast Food Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]