7 Makanan Jepang yang Sehat Ini Bagus untuk Perkuat Imun Tubuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 12 Jul 2021 16:00 WIB
Chicken soup in ceramic bowl. Foto: iStock

3. Rumput laut

Wakame atau rumput laut JepangFoto: iStock

Kaiso adalah istilah untuk semua tanaman rumput laut yang populer dinikmati di Jepang. Mulai dari konbu, wakame, hijki, dan nori. Rumput laut tak ubahnya spirulina, superfood dari Barat yang sebenarnya juga jenis rumput laut.

Rumput laut tinggi kandungan vitamin dan mineral, namun rendah kalori. Karenanya konsumsi rumput laut juga bagus untuk pelaku diet. Bonus lainnya, rumput laut mengandung vitamin A, B, C, E, zat besi, protein, dan serat. Rumput laut juga kaya iodin yang menyehatkan fungsi tiroid.

4. Natto

Di Jepang sempat beredar klaim konsumsi natto bisa mencegah Covid-19 meski belum ada bukti ilmiahnya. Terlepas dari hal itu, natto adalah makanan Jepang yang sehat. Natto terbuat dari kacang kedelai yang sudah difermentasi.

Natto mudah ditemui di minimarket dan supermarket Jepang. Biasanya dinikmati dengan nasi hangat dan tambahan telur mentah sebagai sarapan. Selain itu, natto dijadikan topping sushi, roti panggang, dan bahkan dijadikan campuran adonan okonomiyaki.

Manfaat sehat natto sangat banyak, terlebih natto merupakan makanan fermentasi. Natto juga tinggi protein dan mampu menyehatkan tulang karena kandungan vitamin K2. Natto bahkan mengandung enzim pemecah protein yang mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Baca Juga: Diklaim Dapat Mencegah Virus Corona, Penjualan Natto Meningkat

5. Yuzu

Japanese citron 'Yuzu' fruits isolated on light backgroundFoto: Getty Images/iStockphoto/Wako Megumi

Jepang terkenal dengan deretan buah segarnya yang begitu nikmat. Salah satunya yuzu yang dikenal sebagai jeruk khas Jepang. Cita rasanya seperti gabungan asam lemon yang lembut dan rasa grapefruit yang tajam.

Yuzu biasanya dimakan langsung atau ditambahkan ke dalam teh, soda, dan bahkan minuman alkohol. Yuzu juga menjadi bahan utama ponzu, bumbu populer di Jepang.

Yuzu kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh. Yuzu mengandung vitamin C tiga kali lebih banyak dari lemon. Yuzu juga tinggi antioksidan dan aromanya bisa mengurangi stress.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menikmati Sandwich ala Jepang dengan Isian Beef-Chicken Katsu"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com