Beras Jepang Ini Rasanya Manis Alami Seperti Gula

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 09 Nov 2020 10:00 WIB
Beras Jepang Ini Rasanya Manis Alami Seperti Gula Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Beras jepang terkenal dengan kualitasnya yang unggul. Terbaru, peneliti di sana menemukan beras jepang yang rasanya manis seperti gula.

Menyebut beras jepang, banyak orang langsung terbayang beras premium yang bersih dan pulen ketika dimasak. Beras jepang pun selalu dicari orang.

Biasanya mereka yang mencari beras jepang adalah pencinta nasi pulen atau sushi.

Baru-baru ini, peneliti Jepang menemukan jenis beras baru. Adalah peneliti di Universitas Nagoya yang mengembangkan tanaman padi khusus.

Bentuknya bukan butiran putih mengembang layaknya beras biasa, melainkan tumbuh kantong kecil berisi air gula di dalamnya.

Beras Jepang Ini Rasanya Manis Alami Seperti GulaBeras Jepang Ini Rasanya Manis Alami Seperti Gula Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel

Dikutip dari Sora News 24 (6/11), beras ini 'didapat' dari cara cukup sederhana. Ketika padi 'laki-laki' dan padi 'perempuan' jatuh cinta, terkadang padi laki-laki akan melepaskan serbuk sari ke dalam bakal biji padi perempuan.

Nantinya tumbuh benih sampai ukuran tertentu sebelum dirobek dari padi perempuan. Proses ini merupakan pemanenan beras untuk kita konsumsi.

Baca Juga: 5 Beras Lokal Populer, Ada Pandan Wangi Hingga Rojolele

Nah, pada beras baru ini, peneliti menemukan bahwa dalam kasus tertentu, seperti ketika padi perempuan mendapatkan pekerjaan yang menguntungkan dan tidak punya waktu untuk padi laki-laki, bakal biji mereka tidak dibuahi.

Kondisi ini malah menghasilkan beras dengan kandungan air gula yang tinggi. Bahkan disebut peneliti mengandung 98 persen sukrosa.

Melalui manipulasi genetik, tim peneliti bisa meningkatkan fenomena ini dan menumbuhkan jenis beras baru. Beras yang mengandung air gula, namun dengan ukuran sama seperti sebutir beras biasa.

Beras Jepang Ini Rasanya Manis Alami Seperti GulaBeras Jepang Ini Rasanya Manis Alami Seperti Gula Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel

Rasanya memang lebih manis, namun amankah konsumsinya untuk kesehatan? Apalagi kini banyak warga dunia berjuang melawan diabetes dan obesitas.

Beras jepang ini ternyata aman dikonsumsi karena sukrosa merupakan jenis gula alami. Sifat sukrosa ialah sebagai bahan bakar nabati yang sangat baik.

Dibanding dengan sumber gula lain seperti tebu, beras gula ini akan lebih jauh lebih mudah ditanam, dipanen, dan dipasarkan dalam skala dunia.

Inovasi beras jepang nan manis ini pun disambut positif oleh banyak warga Jepang. Karena sifatnya menghasilkan sumber energi yang berpotensi revolusioner.

Baca Juga: Wow! Jenis Beras dari Indonesia Ini Jadi Suvenir di Italia



Simak Video "Bikin Laper: Oseng-oseng Sei Sapi Bertabur Sambal"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com