Nasi Nusantara Autentik

5 Beras Lokal Populer, Ada Pandan Wangi Hingga Rojolele

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 16 Agu 2020 09:00 WIB
beras lokal populer Foto: iStock
Jakarta -

Nasi jadi makanan pokok orang Indonesia. Oleh karenanya jenis beras lokal pun sangat beragam. Ada 4 yang populer, mulai dari pandan wangi hingga rojolele.

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Sehari tanpa nasi biasanya merasa ada yang kurang. Karena itulah jenis beras di Indonesia sangat beragam.

Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris. Dimana sebagian besar penduduknya bermata pencaharian di bidang pertanian dan bercocok tanam. Kamu akan mudah menemui sawah di daerah Pulau Jawa, terutama Cianjur.

Ada beberapa beras lokal yang paling populer. Mulai dari pandan wangi hingga rojolele. Empat jenis beras lokal inipun dibedakan ke dalam kategori long grain dan short grain.

detikFood merangkum 4 jenis beras lokal populer di Indonesia.

Baca Juga: Tradisi Weri Mata Nii Digelar Masyarakat Flores Saat Masa Tanam Padi

1. Pandan Wangi - Short Grain

beras lokal populerberas lokal populer Foto: iStock

Jenis beras satu ini sudah banyak diketahui oleh warga Indonesia. Asalnya dari Cianjur, Jawa Barat. Sesuai namanya, beras satu ini punya aroma yang wangi semerbak. Aromanya mirip seperti daun pandan, itu mengapa dinamai dengan 'pandan wangi'.

Beras pandan wangi juga masuk kategori short grain karena bentuknya pendek dan panjang. Tekstur beras ini juga pulen ketika dimasak. Karena aroma dan rasanya yang lezat, beras pandan wangi masuk kategori premium.

Tapi jangan terkecoh ketika membelinya. Karena zaman sekarang banyak sekali yang memalsukannya. Aroma pandan yang alami biasanya diganti dengan pewangi buatan. Ciri-ciri lainnya beras tersebut tidak bertekstur pulen ketika dimasak.

2. Sentra Ramos - Long Grain

beras lokal populerberas lokal populer Foto: iStock

Jenis beras satu ini juga sangat populer di Indonesia. Bahkan banyak dicari karena harganya relatif murah. Yaitu Sentra Ramos yang merupakan jenis IR dan berasal dari Jawa Barat.

Sentra Ramos termasuk ke dalam kategori long grain, karena bentuk berasnya yang berbulir panjang. Ciri-ciri lainnya adalah beras ini tidak memiliki aroma. Namun ketika dimasak, beras Sentra Ramos tetap pulen.

Tak hanya pulen, Sentra Ramos juga tidak akan lengket ketika dimasak. Jadi, lumayan cocok untuk nasi goreng. Namun sayangnya beras ini hanya bertahan selama 3 bulan. Kalau lebih dari itu beras ramos akan mudah basi dan teksturnya berubah menjadi pera ketika dimasak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3