Nasi Nusantara Autentik

Wow! Jenis Beras dari Indonesia Ini Jadi Suvenir di Italia

Riska Fitria - detikFood Senin, 17 Agu 2020 15:00 WIB
Beras Jadi Souvenir Italia Foto: dok. detikFood / Riska Fitria
Jakarta -

Bukan hanya beras putih saja, Indonesia memiliki jenis beras hingga 7.000 banyaknya. Bahkan beberapa diantaranya ada yang populer hingga ke Italia.

Beras merupakan makanan pokok orang Asia, termasuk di Indonesia. Bahkan bagi sebagian orang Indonesia belum makan namanya kalau tidak makan nasi. Nah, untuk jenis beras sendiri, negara yang dikenal dengan keberagaman budayanya ini memiliki 7.000 jenis beras.

Sayangnya, jenis beras tersebut sudah punah dan jarang ditemui. Meski begitu masih ada beberapa jenis yang masih dibudidayakan oleh petani Indonesia, misalnya seperti beras hitam, merah, coklat, hingga merah muda. Jenis beras-beras ini juga masih dipasarkan oleh Helianti Hilman lewat Javara.

Beras Jadi Souvenir ItaliaBeras Jadi Souvenir Italia Foto: dok. detikFood / Riska Fitria

Baca Juga : 5 Beras Lokal Populer, Ada Pandan Wangi Hingga Rojolele

"Awalnya ini adalah project dengan Mbah Suko. Waktu itu beliau ragu-ragu karena konsumen udah gak kenal sama beras-beras ini. Tapi tetep kita coba, dan kita kemas dengan plastik vakum ukuran kecil kaya gini," ujar Helianti kepada detikcom (14/08).

Lebih lanjut, Helianti juga menjelaskan bahwa dalam proyeknya tersebut, ia mengubah konsep beras yang semula adalah semboko menjadi produk budaya. Sekiranya ada 24 jenis beras yang diberi nama lokal, yaitu beras Cempo, Saudah, Menthik Susu, Andel Abang, dan lainnya.

Beras Jadi Souvenir ItaliaBeras Jadi Souvenir Italia Foto: dok. detikFood / Riska Fitria

Tak disangka, jenis beras yang terbilang langka tersebut disukai oleh konsumen. Menariknya lagi, jenis beras dari Indonesia itu laku hingga ke pasaran Italia.

"Dari situ konsumen jadi suka, nah waktu itu saya bawa ke pameran Italia dan ternyata langsung ada distributor yang tertarik. Sejak tahun 2012 kita ekspor ke Italia," tutur Helianti.

Beras Jadi Souvenir ItaliaBeras Jadi Souvenir Italia Foto: dok. detikFood / Riska Fitria

Ada empat jenis beras yang diekspor ke Italia. Jenis beras itu adalah Andel Bang, Cempo Hitam, Menthik Susu dan Saudah. Masing-masing beras itu dikemas menggunakan plastik vakum dengan ukuran 400 gram. Lalu dikemas lagi menggunakan kotak dari anyaman bambu.

Di Italia paket beras dari Indonesia tersebut dijadikan suvenir untuk diberikan kepada teman atau keluarga. Dengan begitu, masyarakat Italia juga bisa menentukan jenis beras mana yang sesuai dengan seleranya. Pasalnya Helianti menyebut bahwa selain makan pasta, orang di Italia juga banyak yang makan nasi.

Baca Juga : 7.000 Jenis Padi Pernah Tumbuh di Indonesia, Kini Jadi Tanaman Langka



Simak Video "Tak Hanya Bahan Pokok, Beras Jadi Suvenir di Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)