Diklaim Dapat Mencegah Virus Corona, Penjualan Natto Meningkat

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 25 Mar 2020 11:00 WIB
Nato Foto: Istimewa
Jakarta -

Dampak dari wabah virus corona, penjualan natto di Jepang melambung hingga mencapai 20%. Itu karena natto diklaim dapat mencegah virus corona.

Natto merupakan makanan dari Jepang yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Hasil dari fermentasi tersebut memang membuat natto menjadi berlendir, lengket dan tampak menjijikkan.

Selain itu, natto juga memiliki aroma yang asam dan sangat tajam. Namun, di samping penampilan natto yang kurang menarik tetapi natto memiliki banyak manfaat kesehatan.

Nato memiliki kandungan berupa vitamin K1 dan K2 yang berperan membuat tulang menjadi kuat dan mencegah pengeroposan. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa natto dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga kematian.

Diklaim Dapat Mencegah Virus Corona, Penjualan Natto MeningkatFoto: Istimewa

Selain itu, kandungan vitamin C pada natto dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, dari situlah natto diklaim oleh masyarakat Jepang dapat mencegah virus corona.

Bahkan beberapa pakar kesehatan dan nutrisi di Jepang juga menyebut bahwa orang yang mengonsumsi natto memiliki risiko yang rendah terpapar virus corona.

Baca Juga : Imbas Virus Corona, Harga Lobster Turun Drastis

Dilansir dari Vice (23/03) banyak dari masyarakat Jepang yang percaya bahwa natto adalah semacam obat mujarab untuk menyerang virus corona. Karenanya orang Jepang banyak yang memburu natto.

Diklaim Dapat Mencegah Virus Corona, Penjualan Natto MeningkatFoto: Istimewa

Tentu saja membuat natto habis terjual dan mengundang lebih banyak permintaan sehingga penjualan natto menjadi melonjak tinggi di pasaran hingga 20%. Hal tersebut juga diakui oleh para penjual natto di pasar.

"Pasar Jepang mulai kehabisan natto. Ini pasti terjadi karena beberapa orang mengedarkan pernyataan tidak berdasar tentang natto yang disebut dapat mencegah virus corona," ujar juru bicara pasar.

Natto memang merupakan makanan yang menyehatkan. Kandungan nutrisinya bahkan tidak hanya untuk kesehatan tubuh tetapi juga berkhasiat dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Itu karena natto mengandung enzim nattokinase, sebuah antioksidan yang bagus untuk pencernaan.

Diklaim Dapat Mencegah Virus Corona, Penjualan Natto MeningkatFoto: Istimewa

Namun, pada perannya untuk mencegah virus corona, pihak Japan's Consumer Affairs Agency menyebut bahwa hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan klaim tersebut.

Sebelumnya, natto sering dijadikan menu sarapan yang bagi orang Jepang. Salah satu varian yang populer adalah natto gohan, yang merupakan nasi putih hangat disajikan dengan natto, telur mentah dan taburan daun bawang.

Cara memakannya dengan mencampur semua bahan dan disantap menggunakan sumpit. Menu tersebut dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Bahkan, menu tersebut banyak ditemui di supermarket.

Baca Juga : Imbas Virus Corona, Bawang Putih Diburu dan Harganya Melonjak



Simak Video "Tips Memilih dan Menyimpan Bahan Makanan Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)