Diet DASH Ampuh Turunkan Tekanan Darah dan Bikin Langsing

Devi Setya - detikFood Selasa, 06 Jul 2021 07:00 WIB
Makanan penurun tekanan darah tinggi Foto: iStock
Jakarta -

Berbagai pola diet bisa dijalani sesuai kebutuhan, termasuk diet DASH yang cocok untuk turunkan tekanan darah tinggi. Diet ini juga bisa bikin langsing.

Diet DASH sebenarnya bukan tren diet baru, pola makan ini sudah banyak diterapkan oleh penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun beberapa orang juga menjalani diet DASH untuk menurunkan berat badan.

DASH sendiri merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Diet ini berfokus pada pola makan rendah garam namun tetap mengasup nutrisi seimbang. Tujuan utama dari diet DASH ini adalah mengontrol tekanan darah tinggi.

Dilansir dari Healthline (5/7) pada prakteknya, diet DASH tidak hanya mampu mencegah hipertensi saja, tapi juga mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kardiovaskular lain seperti jantung, stroke, diabetes, osteoporosis, batu ginjal, hingga kanker.

National Institutes of Health menyebut diet DASH dilakukan dengan cara mengurangi asupan garam, lemak dan kolesterol. Di samping itu, diet DASH membuat orang yang menjalaninya harus meningkatkan konsumsi makanan tinggi protein, serat, kalsium, dan kalium.

Berikut penjelasan soal diet DASH mulai aturan makan hingga pilihan menunya:


1. Apa itu diet DASH

Smoothies bayam pisang untuk tekanan darah tinggiDiet DASH Ampuh Turunkan Tekanan Darah dan Bikin Langsing
Foto: iStock

Diet DASH tercipta setelah peneliti memperhatikan bahwa kondisi hipertensi jauh lebih jarang dialami oleh vegetarian. Hal inilah yang kemudian membuat diet DASH berfokus pada konsumsi banyak buah dan sayuran.

Orang yang menjalani diet DASH boleh menyantap makanan tinggi protein. Diet ini juga membatasi asupan daging merah, garam, gula, dan lemak

Aturan yang harus diikuti selama menjalani diet DASH adalah, kamu harus mengonsumsi sekitar 2.300 miligram natrium atau setara satu sendok teh dalam satu hari. Untuk diet yang lebih ketat, kamu hanya diperbolehkan mengasup 1.500 natrium selama sehari.

2. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Kunci utama dari menjalani diet DASH adalah memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Tak hanya itu, kamu juga perlu membatasi asupan makanan yang menjadi penyebab hipertensi.

Garam merupakan musuh utama penderita hipertensi karena dapat memberikan efek langsung terhadap kenaikan tekanan darah. Untuk itu, penderita hipertensi harus mengurangi asupan garam agar tekanan darah dapat terkontrol dengan baik.

Dengan menjalani diet DASH, tubuh akan memiliki siklus baru. Tentunya hal ini perlu dilakukan dengan konsisten dan teratur dalam keseharian. Tak ada yang instan, diet DASH harus dilakukan secara terus menerus agar hasilnya bisa dilihat.

3. Menurunkan berat badan

Tidak hanya menurunkan tekanan darah, diet DASH juga terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan. Membatasi asupan lemak dan gula berlebih membuat orang-orang yang menjalani diet DASH jadi lebih ramping.

Penurunan berat badan berhubungan dengan tekanan darah yang lebih stabil. Untuk hasil yang maksimal, kamu juga perlu menerapkan gaya hidup sehat lainnya, seperti olahraga secara rutin serta menghindari stres.

4. Menu makanan

rahasia umur panjang nenek 104 tahun, ternyata tidak makan garam.Diet DASH Ampuh Turunkan Tekanan Darah dan Bikin Langsing
Foto: lymington.com/iStock

Untuk diet DASH ini sebenarnya cukup mudah dan enak dijalani. Kamu bisa menyantap berbagai jenis makanan mulai dari buah, sayuran, sumber protein, biji-bijian hingga kacang-kacangan.

Sayuran dan buah yang direkomendasikan antara lain brokoli, wortel, ubi dan sayuran hijau. Sementara untuk buah, kamu bisa mengasup hampir seluruh jenia buah. Cara terbaik menyantapnya adalah dalam keadaan segar. Tapi kalau ingin dijadikan jus, pastikan untuk tidak menambahkan gula secara berlebih.

Aneka makanan lain seperti roti, pasta, daging, ayam, ikan hingga susu rendah lemak. Kamu juga bisa mengasup makanan manis maksimal 5 porsi dalam seminggu.



5. Turunkan risiko penyakit jantung hingga stroke

Diet DASH ternyata memberi dampak positif pada banyak aspek kesehatan. Termasuk menurunkan risiko terkena masalah pada kesehatan jantung dan stroke.

Studi yang dilakukan pada wanita yang mengikuti diet DASH, dihubungkan dengan penurunan risiko penyakit jantung sebesar 20 persen dan penurunan risiko stroke sebesar 29 persen.

Meskipun terkesan mudah, diet DASH harus dilakukan dengan niat karena mengonsumsi makanan rendah garam tidaklah mudah. Makanan yang rasanya tawar tentu menurunkan selera makan, tapi sebanding dengan khasiat yang didapatkan.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com