5 Makanan yang Menyehatkan Jantung, Baik Dikonsumsi Tiap Hari

Devi Setya - detikFood Kamis, 01 Jul 2021 06:00 WIB
tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas. Foto: iStock
Jakarta -

Dengan mengatur pola makan sehat, organ tubuh pun akan berfungsi optimal, termasuk jantung. Banyak makanan bernutrisi tinggi yang menyehatkan jantung.

Dilansir dari Healthline (29/6) berdasarkan data WHO tahun 2015, 70% kematian atau 39,5 juta dari 56,4 kematian disebabkan oleh penyakit tidak menular. Sedangkan 45% atau 17,7 juta kematian tersebut disebabkan oleh penyakit jantung.

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan jantung yakni dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah yang dikenal sebagai sumber vitamin yang baik, rendah kalori dan kaya serat.

Beragam jenis sayuran dan buah yang baik untuk jantung dan bisa dikonsumsi sehari-hari. Kandungan fitonutrien dalam sayur dan buah, bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan membantunya bekerja dengan optimal. Bukan hanya jantung, dalam sayuran dan buah juga mengandung mineral, vitamin serta serat yang baik untuk tubuh.

Berikut adalah pilihan makanan yang menyehatkan jantung, baik dikonsumsi tiap hari.


1. Sayuran berdaun hijau

Jenis sayuran berdaun hijau sangat beragam, beberapa diantaranya ada bayam, kale, selada, sawi hingga kangkung yang mengandung vitamin K dan nitrat. Nutrisi ini secara ampuh membantu mengurangi tekanan darah sekaligus meningkatkan fungsi arteri.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan sayuran hijau yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah. Berbagai jenis sayuran hijau juga termasuk makanan yang harganya murah meriah jadi tak menguras isi dompet saat hendak menyantapnya setiap hari.

Agar tak bosan saat menyantapnya, buat olahan sayuran yang bervarian. Bisa dengan cara dibuat sayur bening, ditumis ataupun dijadikan campuran masakan lain.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Resto di Jakarta Ini Sajikan Menu dari Hasil Panen di Kebun Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com