5 Makanan Mengandung Zinc Tinggi untuk Jaga Imunitas Tubuh

Devi Setya - detikFood Selasa, 29 Jun 2021 07:00 WIB
8 Tips Bikin Roti Panggang Keju Enak, Renyah dan Gurih! Foto: Getty Images/fcafotodigital
Jakarta -

Selain vitamin C dan vitamin D, ternyata tubuh juga memerlukan zinc untuk menjaga imunitas tubuh. Konsumsi makanan tinggi zinc agar tubuh tetap bugar.


Sistem kekebalan tubuh dipengaruhi oleh kondisi kesehatan dan juga asupan makanan. Salah satu nutrisi yang menjaga sistem imun adalah zinc. Nutrisi ini bisa didapatkan dengan rutin menyantap produk susu, tiram hingga cokelat.

Zinc merupakan mineral penting yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Zinc memiliki peran untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga pembentukan sel, mempercepat proses penyembuhan luka, hingga memecah karbohidrat. Kebutuhan zinc ini bisa didapatkan dari berbagai makanan.

Kebutuhan zinc untuk setiap orang berbeda-beda, tergantung jenis kelamin dan usia. Untuk memenuhi kebutuhan zinc harian, kamu bisa menyantap daging merah, produk olahan susu, cokelat hingga berbagai jenis kacang-kacangan.

Dilansir dari Healthline (28/6) berikut makanan yang mengandung zinc.

1. Daging merah

Daging merah termasuk makanan tinggi zinc. Dalam 100 gram daging merah mengandung 4,8 miligram zinc. Selain itu, daging merah juga menjadi sumber zat besi, kreatin, dan vitamin B yang baik. Apalagi daging merah bisa diolah jadi berbagai jenis masakan enak.

Dalam 100 gram daging yang dikonsumsi sudah memenuhi sekitar 44% kebutuhan zinc harian orang dewasa. Dalam jumlah tersebut juga daging mengandung 176 kalori, 20 gram protein, dan 10 gram lemak. Termasuk sumber nutrisi penting lainnya, seperti zat besi, vitamin B, dan kreatin.

Namun bukan berarti kamu bisa mengasup daging sebanyak-banyaknya. Konsumsi daging berlebih justru bisa membuat masalah besar mulai dari resiko terkena penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Ngopi dan Ngemil Sehat ala Growell Coffee Senopati"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com