7 Makanan Penangkal Virus dan Bakteri Penyebab Infeksi

Devi Setya - detikFood Senin, 28 Jun 2021 07:00 WIB
Racikan Teh Lemon dan Kayu Manis Cocok untuk Penderita Diabetes Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa penyakit disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang menurunkan imunitas tubuh. Untuk menangkal virus dan bakteri perlu konsumsi makanan tertentu secara rutin.

Kebanyakan penyakit seperti flu, pilek dan masalah pernapasan disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Hanya tubuh yang sehat dan memiliki sistem imun kuat yang bisa menangkal serangan virus dan bakteri ini.

Setiap orang memiliki sistem kekebalan tubuh yang berbeda, apalagi ada banyak hal yang mempengaruhi seperti cuaca, kondisi lingkungan dan orang-orang sekitar. Untuk meningkatkan sistem imun agar tak mudah terinfeksi virus dan bakteri, kamu perlu mengasup makanan yang sehat.

Beberapa makanan mengandung nutrisi tinggi sehingga bisa membantu tubuh untuk bertahan dalam berbagai kondisi. Dilansir dari Step To Health (25/6) menangkal virus dan bakteri dalam tubuh sebenarnya tidak memerlukan obat. Cukup mengasup makanan tinggi nutrisi, istirahat cukup dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan.

Berikut beberapa rekomendasi bahan makanan yang bisa diandalkan untuk menangkal infeksi virus dan bakteri.


1. Bawang putih

Bumbu dapur satu ini memiliki segudang nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Selain bisa jadi bumbu masakan, bawang putih juga ampuh mengusir virus dan bakteri yang bersarang dalam tubuh.

Sudah sejak lama bawang putih dijadikan obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit termasuk flu dan batuk. Bawang putih juga diklaim sebagai antibiotik alami yang bisa digunakan sebagai 'obat' dalam maupun luar.

Kamu bisa menyantap satu siung bawang putih utuh di pagi hari untuk pengobatan jika sudah terinfeksi virus. Tapi untuk pencegahan, serta untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu hanya perlu menambahkan lebih banyak bawang putih pada masakan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com