7 Makanan dan Minuman Ini Dapat Melemahkan Imunitas, Hindari Konsumsinya!

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 25 Jun 2021 05:57 WIB
Makanan yang Melemahkan Imunitas Foto: iStock
Jakarta -

Saat pandemi, imunitas harus selalu dijaga. Menghindari makanan dan minuman berikut harus dilakukan demi imunitas yang tetap kuat dan prima.

Menjaga kesehatan tubuh dan kekuatan imunitas masih menjadi hal penting yang harus dilakukan. Situasi pandemi Covid-19 yang masih belum mereda mengharuskan kita tetap mengencangkan sabuk pengaman untuk menjaga kesehatan tubuh sendiri.

Menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan bernutrisi dan menghindari makanan yang tidak baik untuk kesehatan bisa menjadi cara tepat yang dilakukan. Walaupun telah secara rutin mengonsumsi makanan padat nutrisi, tetapi menghindari makanan yang dapat merusak imunitas juga perlu dilakukan agar hasilnya efektif.

Beberapa makanan populer dikatakan berdampak buruk baik bagi imunitas maupun kesehatan secara umum. Mulai dari gula tambahan dan pemanis buatan, para ahli sangat mengecam konsumsi beberapa bahan makanan berikut ini disaat pandemi.

Dilansir menurut Healthline (22/3) berikut ini 7 makanan dan minuman yang dapat melemahkan imunitas:

Makanan yang Melemahkan ImunitasMakanan yang Melemahkan Imunitas Foto: iStock

1. Gula Tambahan

Membatasi asupan gula untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan fungsi imun harus benar-benar harus dilakukan. Makanan dengan gula tambahan secara signifikan dapat meningkatkan gula darah yang berdampak pada peningkatan inflamasi yang berefek buruk pada fungsi imunitas.

Terutama pada penderita diabetes, makanan atau minuman yang tinggi gula akan sangat berbahaya bagi kadar gula darah mereka. Selain itu penelitian juga telah membuktikan bahwa dari 562 partisipan, orang dewasa yang mengalami kenaikan gula darah diketahui memiliki respon imunitas yang lebih rendah dan tingkat inflamasi yang lebih tinggi.

2. Makanan Asin

Makanan dengan kadar garam yang tinggi bukan hanya berbahaya bagi tekanan darah tetapi juga respon imun. Konsumsi makanan yang asin atau tinggi garam ini dapat memicu inflamasi dan meningkatkan risiko penyakit autoimun pada tubuh.

Salah satu penelitian memperlihatkan bahwa setelah konsumsi 12 gram garam dalam sehari, tubuh pria akan mengalami peningkatkan sel darah putih, inflamasi serta protein antiinflamasi yang berkurang. Garam juga telah terbukti akan berdampak pada fungsi imun, menekan respon antiinflamasi serta mengganggu kesehatan bakteri baik dalam usus.

Baca juga: Cegah Corona, 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Tingkatkan Imunitas

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menikmati Sandwich ala Jepang dengan Isian Beef-Chicken Katsu"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com