Cegah Corona, 5 Bumbu Dapur Ini Bisa Tingkatkan Imunitas

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 20 Jun 2021 06:00 WIB
minuman kunyit Foto: iStock/Guardian
Jakarta -

Bumbu dapur atau rempah yang biasa dipakai memasak juga punya khasiat baik. Salah satunya menjaga imunitas di tengah pandemi COVID-19.

Ancaman virus corona masih sangat tinggi. Berdasarkan beberapa sumber bahkan varian baru telah muncul dengan penyebaran yang lebih cepat dan lebih masif lagi.

Tubuh yang sehat serta imun yang kuat dibutuhkan untuk menghalau serangan COVID-19 ini. Makan-makanan sehat, olahraga teratur hingga istirahat yang cukup menjadi cara untuk menjaga kekebalan tubuh terhadap virus yang sangat mengancam.

Makanan seperti buah-buahan serta sayur yang tinggi begitu disarankan oleh para ahli. Tetapi untuk membuatnya lebih efektif, bumbu dan rempah yang kerap kali ditambahkan dalam masakan ternyata juga dapat membantu meningkatkan kekebalan imun tubuh.

Dilansir melalui Outlook Poshan (15/4) berikut ini 5 bumbu dapur yang ampuh untuk meningkatkan imunitas.

Fresh green basil on the wooden table, selective focusFoto: iStock

1. Kemangi

Kemangi merupakan tanaman berukuran kecil yang punya kandungan fitonutrien yang begitu kaya. Kemangi mengandung antioksidan, favanol, klorofil, serta berbagai vitamin dan mineral.

Kemangi juga dikenal memiliki kandungan eugenol yang merupakan komponen bioaktif yang dikenal dengan manfaat antimikroba, antijamur serta antibakteri. Eugenol bahkan juga dikatakan memiliki fungsi antidepresan yang dapat membantu meredakan stress serta kadar glukosa dalam darah.

Bukan hanya serangan bakteri, virus maupun jamur, imunitas juga dipengaruhi oleh stres yang dialami pada seseorang. Rutin konsumsi kemangi dikatakan bisa memperkuat imunitas karena fungsinya yang lengkap sebagai antibakteri, antioksidan serta mampu meredakan stres.

Baca juga: 5 Pola Makan Sehat untuk Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi Covid-19

2. Jahe

Jahe dikenal sebagai bahan makanan dalam bentuk rempah yang memiliki fungsi antiinflamasi, antijamur bahkan kandungan antikanker. Pada pengobatan tradisional jahe memang kerap kali digunakan untuk pengobatan beberapa penyakit seperti batuk dan flu, hidung tersumbat, asthma, kembung bahkan depresi.

Jahe bisa dikonsumsi dengan berbagai cara yang tentunya juga mudah untuk diolah. Salah satunya dengan teh jahe atau jahe yang dihaluskan kemudian diseduh dengan air hangat dan diminum segera airnya.

Jahe juga bisa ditambahkan dengan rempah lainnya untuk membuat hasilnya jadi lebih efektif. Misalnya dengankapulaga yang juga diketahui bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com