5 Makanan Enak Ini Bisa Menghangatkan Tubuh saat Udara Dingin

Riska Fitria - detikFood Senin, 28 Jun 2021 10:30 WIB
5 Makanan Enak Ini Bisa Menghangatkan Tubuh saat Udara Dingin Foto: iStock
Jakarta -

Belakangan udara di Jakarta terasa dingin karena perubahan cuaca. Beberapa makanan enak ini bisa menghangatkan tubuh di kala cuaca dingin.

Sadar atau tidak bahwa cuaca di Jakarta belakangan ini terasa lebih dingin. Hal ini pun ramai dibahas oleh netizen di media sosial. Bukan hanya Jakarta, cuaca dingin juga dirasa di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan bahwa itu terjadi karena adanya gangguan atmosfer. Kondisi itulah yang membuat wilayah Jakarta dan sekitarnya dilanda hujan meski dalam musim kemarau.

Di cuaca dingin ini penting untuk menjaga tubuh tetap bugar. Sebaiknya hangatkan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 makanan enak untuk menghangatkan tubuh:

1. Daging Merah

5 Makanan Enak Ini Bisa Menghangatkan Tubuh saat Udara Dingin5 Makanan Enak Ini Bisa Menghangatkan Tubuh saat Udara Dingin Foto: iStock

Daging merah bisa menjadi pilihan makanan sehat di cuaca dingin. Daging merah seperti daging sapi, kambing, kerbau atau domba merupakan sumber zat besi yang baik.

Zat besi merupakan mineral yang penting untuk membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sebab orang dengan zat besi rendah mudah mengalami dingin dan mudah kelelahan.

Khasiat daging merah juga dapat memberikan asupan vitamin B12 yang diperlukan tubuh. Vitamin B12 tersebut berkontribusi pada saraf yang sehat dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Baca Juga : Brrr... Ini Penyebab Jakarta Terasa Lebih Dingin dari Biasanya

2. Aneka Sup

5 Makanan Enak Ini Bisa Menghangatkan Tubuh saat Udara Dingin5 Makanan Enak Ini Bisa Menghangatkan Tubuh saat Udara Dingin Foto: iStock

Makanan berkuah sering diandalkan untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Salah satunya adalah sup hangat yang bisa diracik dengan berbagai bahan. Mulai dari daging hingga sayuran.

Kamu bisa membuat sup labu misalnya. Labu mengandung vitamin C yang berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Supaya lebih berkhasiat, bisa juga menambahkan bawang putih.

Bawang putih memiliki sifat anti inflamasi dan bawang putih benar-benar berfungsi sebagai makanan antibiotik danantijamur. Bisa juga menambahkan cabai yang kaya vitamin C dan kaldu ayam agar lebih gurih.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com