10 Makanan Sehat yang Jadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Riska Fitria - detikFood Senin, 28 Jun 2021 05:00 WIB
Figs Still Life Foto: iStock
Jakarta -

Pola hidup yang sehat tak pernah lepas dari pola makan yang sehat pula. Kamu bisa memilih beberapa makan sehat yang menjadi favorit Nabi Muhammad SAW ini.

Baru-baru ini viral sebuah video yang membuat semua orang kesal, terutama kaum Muslim. Dalam video tersebut memperlihatkan sekelompoK pemuda tengah mabuk-mabukan sambil berucap, 'Nabi Muhammad juga suka mabuk,'.

Hal itu adalah kesalahan besar. Sebagai seorang Nabi, beliau selalu memberikan contoh yang baik untuk umatnya. Begitupun dengan makanan dan minuman yang dipilih dalam kesehariannya.

Beberapa makanan sehat yang menjadi favorit Nabi Muhammad SAW bahkan tertulis jelas dalam Al-Quran. Makanan tersebut dianggap bermanfaat bagi tubuh manusia karena mengandung banyak nutrisi.

Baca Juga: Adab yang Baik saat Minum Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Dilansir dari Parhlo (20/06/17) berikut 10 makanan favorit Nabi Muhammad SAW:

1. Jali-jali

Barley10 Makanan Sehat yang Jadi Favorit Nabi Muhammad SAW. Foto: Istimewa

Barley atau jali-jali adalah sejenis biji-bijian.Rosulullah SAW sangat menyukai jali-jali. Biasanya jali-jali diolah dalam bentuk sup hangat.

Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa jali-jali sangat penting untuk manusia. Biji-bijian yang satu ini kaya akan karbohidrat dan nutrisi lainnya. Mengonsumsi jali-jali dapat mengatasi demam.

2. Kurma

Sudah banyak yang tahu bahwa kurma merupakan makanan favorit Nabi Muhammad SAW. Kurma banyak tumbuh di Arab Saudi bahkan memiliki banyak jenis. Biasanya Nabi Muhammad akan makan kurma setiap hari.

Kurma merupakan sumber energi, gula, dan serat yang baik. Di dalamnya juga mengandung mineral penting seperti kalsium, zat besi, potassium, magnesium zink dan lainnya.

3. Buah Tin

buah tin10 Makanan Sehat yang Jadi Favorit Nabi Muhammad SAW. Foto: iStock

Buah tin menjadi salah satu buat yang dipercaya suci dan istimewa. Bahkan buah tersebut disebutkan dalam Al Quran dalam surat At Tin. Dan buah ini juga merupakan kesukaan Nabi Muhammad SAW.

Khasiatnya juga telah dibuktikan lewat ilmiah. Buah ini baik untuk mengatasi sembelit danambeien. Nabi Muhammad SAW menyebut buah ini sebagai buah surga.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Sup Pasta Fusilli Kuah Putih"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com