Adab yang Baik saat Minum Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 10 Apr 2021 05:00 WIB
Adab yang Baik saat Minum Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW Foto: iStock
Jakarta -

Jangan asal meneguk, minum air juga ada adabnya. Nabi Muhammad SAW pernah mencontohkan adab yang baik saat minum air agar rasa haus hilang dan terasa nikmat.

Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT menjadi teladan hidup bagi seluruh umat Muslim di dunia. Oleh karena itu, segala aktivitas kehidupan umat Muslim dapat mencontoh Nabi Muhammad SAW.

Jangankan untuk urusan besar, untuk urusan sepele seperti minum air saja telah dicontoh oleh Nabi Muhammad SAW dalam sunnahnya. Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk tidak asal saat minum.

Baca Juga : Apa Sih Makanan Kesukaan Rasulullah SAW?

Adab yang Baik saat Minum Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAWAdab yang Baik saat Minum Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW Foto: iStock

Baik untuk minum air putih, kopi, susu dan jenis minuman lainnya. Ada banyak adab yang baik saat minum yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW saat minum. Pertama, jangan meminum air jika airnya terasa panas.

Dari Abu Qatadah, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Jika kalian minum, maka janganlah bernafas dalam wadah air minumnya," (HR. Bukhari dan Muslim).

Alih-alin meniup, Nabi Muhammad SAW lebih menganjurkan untuk menungggunya sampai hangat atau dingin. Bukan tanpa alasan, minum makanan atau minuman dapat menyebabkan penyakit.

Adab yang Baik saat Minum Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAWAdab yang Baik saat Minum Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW Foto: iStock

Selain itu, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk minum dalam sekali tegukan dan bernafas tiga kali saat minum. Dalam sebuah riwayat dari Anas bin Malik Ra diceritakan, "Biasanya Rasulullah SAW bernafas tiga kali ketika minum,".

"Dan beliau bersabda, 'Sesungguhnya dengan begini haus lebih hilang, lebih lepas dan lebih nikmat'," (HR. Bukhari dan Muslim).

Adab minum yang baik juga dianjurkan untuk tidak meminum air langsung dari wadahnya. Maksudnya adalah tidak boleh minum air dari wadah seperti teko, termos, atau kendi. Sebaiknya minum dengan cara dituang ke dalam gelas.

Adab yang Baik saat Minum Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAWAdab yang Baik saat Minum Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW Foto: iStock

"Rasulullah SAW melarang minum langsung dari mulut qirbah (wadah air yang terbuat dari kulit) atau wadah air minum yang lainnya," (HR. Bukhari).

Lebih lanjut, dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya," (HR. Ahmad).

Setelah mengakhiri minum, akan lebih baik mengucapkan syukur. Anjuran ini berdasarkan firman Allah SWT, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih," (QS. Ibrahim: 7).

Baca Juga : Rasulullah SAW Anjurkan Doa Ini Saat Minum Kopi



Simak Video "Masak Masak: Bikin Camilan Abon Sapi Krispi, Gampang Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com