Apa Sih Makanan Kesukaan Rasulullah SAW?

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 04 Feb 2020 06:30 WIB
Honey in jar with honey dipper on vintage wooden background Makanan Kesukaan Rasulullah SAW. Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam dikenal memiliki pola makan yang sehat. Hal ini terbukti karena beliau jarang sakit dan memiliki tubuh yang bugar. Dalam sebuah hadist juga disebutkan beberapa makanan yang dikonsumsi Rasulullah SAW sehari-hari.

Sebelum menikmati makanan, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam selalu membaca doa terlebih dulu. Dan selalu menggunakan tangan kanan saat makan. Selanjutnya, Nabi Muhammad SAW juga membiasakan diri untuk makan dari pinggir ke tengah.

Dari Ibnu 'Abbas, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

Arab: إِنَّ الْبَرَكَةَ تَنْزِلُ وَسَطَ الطَّعَامِ فَكُلُوا مِنْ حَافَتَيْهِ وَلاَ تَأْكُلُوا مِنْ وَسَطِهِ

Artinya: barokah itu turun di tengah-tengah makanan, maka mulai lah makan dari pinggirnya dan jangan memulai dari tengahnya.

Dikutip dalam buku "Hadist-hadist Shahih Kepribadian dan Budi Pekerti Rasulullah SAW" oleh Syamail. Ada beberapa hadist yang menyebutkan apa saja makanan yang setiap hari dikonsumsi oleh Rasulullah SAW:

1. Cuka

Cuka.Cuka. Foto: iStock

Cuka merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki rasa asam. Cuka juga disebut dengan cairan asam yang dibuat dari fermentasi makanan seperti anggur dan beras atau gula alami.

Rasulullah SAW bersabda:

حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الدَّارِمِيُّ أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ حَسَّانَ أَخْبَرَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ بِلَالٍ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ نِعْمَ الْأُدُمُ أَوْ الْإِدَامُ الْخَلُّ

Artinya: "Telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Abdurrahman Ad Darimi, telah mengabarkan kepadaku Yahya bin Hassan telah mengabarkan kepada kami Sulaiman bin Bilal dari Hisyam bin 'Urwah dari Bapaknya dari Aisyah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Sebaik-baik lauk pauk adalah cuka." (HR. Muslim, No: 3823).

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun.Minyak zaitun. Foto: iStock

Minyak zaitun hingga kini sering dimanfaatkan untuk memasak. Minyak zaitun juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dari Umar bin Khathab radhiallahu'anhu, Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda:

ائتدِموا بالزَّيتِ ، وادَّهِنوا بِهِ ، فإنَّهُ مِن شجَرةٍ مبارَكَةٍ

"Jadikanlah Zaitun sebagai idam (makanan pendamping) dan minyakilah rambut dengan Zaitun. Karena ia dari pohon yang berkah" (HR. Ibnu Majah no.2698, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

3. Labu

Labu kuning.Labu kuning. Foto: iStock

Labu menjadi salah satu sayuran yang digemari nabi. Labu juga terdapat dalam Al-Qur'an Surat As Shaffat ayat 146:

وَأَنْبَتْنَا عَلَيْهِ شَجَرَةً مِنْ يَقْطِينٍ

Arab-Latin: Wa ambatnā 'alaihi syajaratam miy yaqṭīn

Artinya: "Dan Kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu."

Diriwayatkan oleh Muhammad bin Basyar, dari Muhammad bin Ja'far dan diriwayatkan pula oleh 'Abdurrahman bin Mahdi, keduanya menerima dari Syu'bah dari Qatabah yang bersumber dari Anas bin Malik r.a menyebutkan "Nabi SAW menggemari labu. Maka (pada suatu hari) beliau diberi makanan itu atau diundang untuk makan makanan itu (labu). Aku pun mengikutinya, maka makanan itu (labu) kuletakkan dihadapannya, karena aku tahu beliau menggemarinya."

4. Madu

Madu. Madu. Foto: istock

Khasiat madu terdapat dalam Al-Qur'an Surat An Nahl ayat 68-69. Madu mengandung nutrisi penting dan khasitanya salah satunya dapat meningkatkan sistem imun.

Allah berfirman:

وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ

Latin: Wa auḥā rabbuka ilan-naḥli anittakhiżī minal-jibāli buyụtaw wa minasy-syajari wa mimmā ya'risyụn

Artinya: Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia",

5. Daging Dzir'an

Daging.Daging. Foto: iStock

Daging mengandung protein dan zat besi yang baik untuk tubuh. Rasulullah SAW disebut suka mengonsumsi daging.

Diriwayatkan oleh Washil bin 'Abdul A'la dari Muhammad bin Fudlail dari Abi Hayyan at-Taimi, dari Abi Zar'ah yang bersumber dari Abu Hurairah r.a "Nabi SAW. diberi makan daging maka diambilkan baginya bagian dzir'an. Bagian dzir'an kesukaannya. Maka Rasulullah SAW mencicipi sebagian dari padanya."

Dzir'an adalah bagian tubuh binatang dari dengkul sampai bagian kaki.



Simak Video "Sensasi Rasa Durian Madu Racun Bikin Ketagihan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)