Sayuran Mentah vs Matang, Mana yang Lebih Bagus Buat Diet?

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 04 Jul 2021 07:00 WIB
Lebih baik sayuran mentah atau matang? Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Sayuran baik dikonsumsi pelaku diet karena kaya nutrisi dan rendah kalori. Namun, mana lebih baik? Konsumsi sayuran mentah atau matang?

Sayuran adalah makanan kaya nutrisi yang perlu dikonsumsi sehari-hari. Di dalam sayuran mengandung serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh.

Biasanya sayuran dikonsumsi saat diet, karena sehat dan rendah kalori. Untuk menikmatinya, sayuran biasanya dijadikan salad dalam kondisi mentah atau dimasak dengan cara yang sehat.

Dilansir dari Pop Sugar (2/7), dua orang ahli diet yaitu Kate Coufal dan Lonielle Freeman menjelaskan tentang bedanya mengonsumsi sayuran mentah dan matang saat diet. Penjelasannya meliputi kondisi sayuran seperti apa yang baik dikonsumsi, jenis sayuran, hingga seberapa banyak porsinya.

Baca Juga: Konsumsi 5 Minuman Herbal Ini untuk Kembalikan Indra Penciuman yang Hilang

Berikut penjelasan mengenai konsumsi sayuran mentah atau matang menurut ahli diet.

1. Lebih Baik Sayuran Mentah atau Matang?

Lebih baik sayuran mentah atau matang?Lebih baik sayuran mentah atau matang? Foto: Getty Images/iStockphoto

Kate Coufal menjelaskan kalau sayuran mentah mengandung kalori yang lebih sedikit daripada sayuran matang, karena sayuran mentah memiliki kandungan air yang lebih tinggi. Sedangkan, kalori sayuran matang lebih padat karena adanya penguapan air dari proses memasak. Namun perbedaannya tidak begitu siginifikan.

"Konsumsilah sayuran dalam bentuk apapun yang kamu sukai," kata Coufal.

Selain kalorinya lebih rendah, sayuran mentah juga mengandung lebih banyak vitamin B dan C dibandingkan dengan yang dimasak. Nutrisi pada sayuran matang juga banyak yang hilang selama proses memasak.

Secara keseluruhan, perbedaan antara sayuran mentah dan matang tidak memiliki banyak nilai dalam hal penurunan berat badan. Yang paling penting adalah makan sayuran dan fokus mengonsumsi apapun yang kamu sukai.

2. Jenis Sayuran yang Baik Dikonsumsi

Lebih baik sayuran mentah atau matang?Lebih baik sayuran mentah atau matang? Foto: Getty Images/iStockphoto

Coufal menyarankan agar mengonsumsi sayuran nonpati saat sedang berdiet untuk menurunkan berat badan. Seperti brokoli, sayuran hijau, paprika, wortel, dan kembang kol.

Selain itu, sayuran tinggi serat juga bisa membantu rasa kenyang, menjaga kadar gula darah, dan mencegah makan berlebihan. Kamu bisa memilih sayuran hijau seperti bayam, brokoli, asparagus, dan lainnya.

Untuk menikmati sayuran ini sebaiknya jangan diolah dengan bahan berkalori tinggi seperti mentega, krim, keju, atau minyak. Lebih baik tambahkan dressing cuka atau jus lemon pada salad buatanmu.

Baca Juga: 5 Manfaat Jintan Hitam, Rempah dalam Al-Quran dan Obat Segala Penyakit

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mie Ayam Hijau dari Sari Sayuran, Rasanya Gimana?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com