Tips Diet Sehat ala Cewek Korea, Turun BB 9 Kg dalam 7 Bulan!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 05 Jul 2021 10:30 WIB
Tips Diet Sehat ala Cewek Korea, Turun BB 9 Kg dalam 7 Bulan! Foto: YouTube SunnydahyeIn
Jakarta -

YouTuber Sunny Dahye bagikan tips diet sehat ala dirinya. Ia berhasil turun 9 kg dalam 7 bulan dan tidak kelaparan selama berdiet. Contek yuk tipsnya!

Sunny Dahye adalah YouTuber Korea Selatan yang terkenal di Indonesia. Wanita yang lancar berbahasa Indonesia ini memiliki beragam konten menarik.

Salah satunya soal tips menurunkan berat badan. Pada awal Desember 2020, ia mengunggah video keberhasilannya usai diet selama 7 bulan.

Berat badan Sunny Dahye turun dari 52 kg menjadi 43 kg. Sunny Dahye juga mengklaim pola dietnya tidak membuat ia stress dan kelaparan.

Lalu apa yang Sunny Dahye lakukan?

1. Tetapkan tujuan berdiet

Pertama, ia bilang butuh dedikasi dan komitmen. Kemudian tentukan tujuan kita berdiet itu untuk apa? "Mungkin ada tujuan yang berbeda. Mungkin ada yang ingin lebih sehat, lebih langsing, atau ada tujuan kesehatan sendiri," katanya.

Ia sendiri berdiet untuk lebih sehat dan kuat. "Dan juga aku lagi ada beberapa proyek, jadi supaya terlihat lebih oke di kamera," sambungnya. "Penting untuk membuat janji pada diri kita sendiri dan komitmen," kata Sunny Dahye.

2. Ganti makanan favorit dengan yang lebih sehat

Iced AmericanoFoto: Getty Images/iStockphoto/Food Photographer

Untuk pola makannya, ia mengurangi konsumsi garam dan tidak lagi minum minuman favoritnya, iced café latte. Sunny Dahye beralih pada iced americano yang kalorinya jauh lebih sedikit. "Aku mulai turun berat badan cepat," katanya.

Sebagai pencinta dessert, ia juga mengganti cake dan dessert penuh kalorinya dengan granola bar, pisang, atau madeleine kecil. "(Mengganti makanan) ini benar-benar membuat perbedaan (penurunan berat badan)," katanya.

Dengan cara ini pula, Sunny Dahye mengatakan mentalnya lebih sehat. Ia tidak stress karena masih boleh makan makanan favoritnya, namun dalam versi yang lebih sehat. "Aku coba meyakinkan otak aku bahwa aku tetap makan dessert, cuma diganti aja," ujarnya.

3. Makan nasi konjac

Sunny Dahye mengakui awal-awal berdiet ia merasa lapar karena tidak makan nasi. Ia lantas tetap makan nasi tapi menggantinya dengan nasi konjac dan brown rice yang lebih tinggi serat.

4. Memanfaatkan jatah kalori

Tips Diet Sehat ala Cewek Korea, Turun BB 9 Kg dalam 7 Bulan!Tips Diet Sehat ala Cewek Korea, Turun BB 9 Kg dalam 7 Bulan! Foto: YouTube SunnydahyeIn

Berdasarkan perhitungan berat dan tinggi badan oleh personal trainernya, Sunny Dahye mendapat jatah kalori 1.300-1.500 kkal. Setiap bangun pagi pun ia langsung berpikir mau makan apa dan tidak ingin menyia-nyiakan jatah kalori tersebut.

"Aku bener-bener akalin (asupan kalori) kayak duit. Mau makan apa nih yang sesuai jatah kalori aku," katanya. Untuk camilan sehat, ia memilih makan pisang. "Atau natto, sangat enak dimakan sama kimchi. Labu juga aku suka karena rendah kalori," ujarnya.

5. Olahraga

Sunny Dahye mengaku dirinya bukan penggemar olahraga. Ia kurang suka olahraga berkeringat, namun ia sadar ototnya lemas. "Akhirnya aku olahraga, mulai dari pilates," katanya. Namun mencari yang lebih menantang, ia pilih flying yoga dan menyisipkannya dengan CrossFit untuk menguatkan ototnya.

Ia juga menyarankan agar pelaku diet bisa mengimbangi usaha dietnya dengan olahraga. Hal ini untuk memaksimalkan usaha penurunan berat badan.



Simak Video "Bikin Laper: Nikmatnya Menyantap Ayam Goreng dengan Sup Iga"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com