5 Cara Mengatasi Mulut Asam saat Berpuasa

Riska Fitria - detikFood Rabu, 05 Mei 2021 03:00 WIB
5 Cara Mengatasi Mulut Asam saat Berpuasa Foto: iStock
Jakarta -

Selama berpuasa, produksi air liur berkurang, sehingga menyebabkan mulut terasa asam. Karenanya lakukan beberapa cara ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Tidak makan dan minum selama seharian penuh tentu bukan hal yang mudah. Tak jarang orang yang mengalami beberapa masalah selama berpuasa. Misalnya bau mulut dan mulut terasa asam.

Masalah tersebut bisa disebabkan karena kurangnya produksi air liur karena berpuasa. Cara mengatasinya adalah dengan memilih makanan dan minuman yang tepat saat sahur dan berbuka puasa.

Bukan hanya itu, pastikan juga untuk membersihkan area mulut. Agar tidak ada sisa makanan yang bisa menimbulkan bau mulut dan rasa asam yang membekas.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 cara mengatasi mulut asam saat berpuasa:

1. Menghindari Makanan Manis Secara Berlebih

5 Cara Mengatasi Mulut Asam saat Berpuasa5 Cara Mengatasi Mulut Asam saat Berpuasa Foto: iStock

Tanpa disadari banyak orang yang mengonsumsi makanan manis secara berlebih ketika waktu berbuka puasa. Biasanya itu berpatokan dengan tagline, "Berbukalah dengan yang manis".

Alhasil, sirup, es buah, kue manis dan lainnya pun habis dalam satu waktu. Padahal makan makanan manis secara berlebih bisa menyebabkan gangguan saat berpuasa. Salah satunya menyebabkan mulut terasa asam.

Makanan manis bisa berkemungkinan besar menyisakan sisa-sisa makanan yang bisa menimbulkan masakan pada mulut. Selain itu juga bisa meningkatkan risiko gigi berlubang yang pada akhirnya menyebabkan rasa asam di mulut.

Baca Juga : 5 Tips Sahur agar Puasa Tak Cepat Lapar

2. Minum Cukup Air Putih

5 Cara Mengatasi Mulut Asam saat Berpuasa5 Cara Mengatasi Mulut Asam saat Berpuasa Foto: iStock

Jika kamu merasa mulut terasa asam selama berpuasa bisa jadi kamu kurang minum air putih. Air putih memiliki banyak khasiat, salah satunya membantu metabolisme tubuh dan memenuhi cairan tubuh.

Jadi, kebutuhan air putih sehari-hari pada tubuh dapat terpenuhi, sehingga dapat membantu mencegah rasa asam pada mulut ketika berpuasa. Dengan begitu, ibadah puasa kamu akan berjalan lancar.

Baca Juga : 5 Tips Puasa Aman Bagi Penderita Maag agar Ibadah Lancar

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com