Makan Mentimun Bisa Cegah Bau Mulut dan Dehidrasi

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 10 Mei 2019 03:07 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Mentimun sering diolah menjadi es dan lalapan. Selain rasanya yang segar, rupanya timun juga dapat cegah bau mulut dan dehidrasi.

Bagi masyarakat Indonesia, mentimun atau banyak orang menyebutnya dengan timun adalah sayuran yang umumnya tersedia sebagai pelengkap di dalam lalapan, acar dan salad.

Meski dianggap sebagai pelengkap, sayuran yang memiliki nama latin Cucumis Sativus ini menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Seperti yang telah dilansir dilaman Eating Well, berikut manfaat mentimun bagi kesehatan.

Baca Juga: Rutin Makan Pare hingga Mentimun Bisa Turunkan Berat Badan

1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang

Nutrisi paling tinggi dalam mentimun adalah vitamin K dan vitamin ini merupakan kunci untuk kesehatan tulang. Satu cangkir jus mentimun yang masih ada kulitnya, memiliki lebih dari 20% kandungan vitamin K.

Nutrisi ini diperlukan untuk pembentukan tulang dan beberapa penelitian telah menjelaskan bahwa kadar vitamin K, bisa mencegah osteoporosis dan mengurangi peningkatan risiko patah tulang.

Makan Mentimun Bisa Cegah Bau Mulut dan DehidrasiFoto: Istock

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mentimun mengandung banyak antioksidan, termasuk flavonoid yang fungsinya dapat melindungi dari penyakit jantung. Biji mentimun ternyata juga sangat bermanfaat. Dalam sebuah penelitian, sekelompok orang yang menderita lemak darah kadarnya akan meningkat dengan mengkonsumsi ekstrak biji mentimun kering setiap harinya.

Setelah enam minggu, mereka mengalami sejumlah perubahan yang lebih baik, termasuk dapat menurunkan kolesterol, dari kolesterol LDL buruk, maupun peningkatan HDL baik.

3. Terhidrasi

Menurut USDA, satu mentimun mengandung 194 gram cairan, atau hampir tujuh ons. Maka Anda bisa menambahkan irisan mentimun ke dalam air, selain hanya menambahkan rasa, ternyata juga dapat membantu meningkatkan asupan air lebih banyak lagi.

Makan Mentimun Bisa Cegah Bau Mulut dan DehidrasiFoto: Istimewa

4. Dapat Mengkontrol Berat Badan

Mentimun dapat membantu mendorong penurunan berat badan. Mentimun memang rendah kalori, tetapi mengandung serat dan cairan. Dari 4 gram karbohidrat dalam mentimun, satu setengahnya mengandung serat. Serat dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga asupan makanan dapat dikontrol.

5. Dapat Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Sama dengan wijen, kangkung, brokoli, kubis, stroberi, dan makanan nabati lainnya, mentimun mengandung zat alami yang disebut lignan. Beberapa studi menunjukkan, makanan yang mengandung lignan dapat melindungi dari penyakit kanker yang berhubungan dengan estrogen, termasuk kanker payudara, ovarium, rahim, dan prostat.

Makan Mentimun Bisa Cegah Bau Mulut dan DehidrasiFoto: iStock

6. Memiliki Manfaat Kecantikan

Anda tentu pernah mengatasi mata bengkak dengan irisan mentimun. Mentimun memang terdiri dari air, vitamin C, dan asam caffeic. Dari semua manfaat ini, mentimun memang memiliki efek untuk menenangkan kulit, mengurangi iritasi dan pembengkakan kulit.

Anda bisa membuat masker dari mentimun, hanya dengan cara aluskan mentimun, maka bisa dijadikan masker lalu oleskan ke seluruh wajah, sehingga dapat membantu menghilangkan jerawat dan kulit terbakar.

Makan Mentimun Bisa Cegah Bau Mulut dan DehidrasiFoto: Thinkstock

7. Mencegah Bau Mulut

Salah satu penyebab bau mulut adalah bakteri yang menyerang partikel makanan yang terperangkap di dalam mulut. Cairan dalam mentimun, dapat membantu membersihkan mulut serta dapat mencegah bau mulut terutama saat berpuasa. Anda bisa konsumsi dengan cara langsung mengunyahnya.

Baca Juga: Tekanan Darah dan Berat Badan Naik, Rutinlah Makan Mentimun Tiap Malam (lus/lus)