Rutin Makan Pare Hingga Mentimun Bisa Turunkan Berat Badan

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 02 Apr 2019 16:17 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Supaya berat badan cepat turun, sebaiknya konsumsi sayuran. Ada empat jenis sayuran yang baik dikonsumsi saat sedang berdiet. Apa saja ya?

Kebanyakan orang mencoba menurunkan berat badan secara cepat dengan mengikuti diet ketat, tetapi justru hal itu tidak baik bagi kesehatan.

Para ahli kesehatan mengatakan kehilangan berat badan secara cepat dapat membahayakan kesehatan, seperti kehilangan otot, kekurangan nutrisi, batu empedu dan lainnya. Selain itu, hal ini juga bisa mengacaukan metabolisme yang telah memainkan peran penting dalam berat badan.

Rahasia menurunkan berat badan sebenarnya terletak pada pola makan yang sehat. Rutin mengonsumsi sayuran jadi salah satu kuncinya. Selain konsumsi sayuran, minum air putih juga akan lebih mudah mempercepat proses metabolisme di dalam tubuh.

Berikut ini empat sayuran yang ternyata dapat membantu menurunkan berat badan seperti yang dilansir dalam NDTV (28/03/2019).

Baca Juga: Cara Praktis dan Mudah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

1. Lauki

Rutin Makan Pare Hingga Mentimun Bisa Turunkan Berat Badan Foto: iStock

Lauki atau labu botol adalah bagian dari keluarga mentimun dan tumbuh di banyak wilayah yang lebih hangat di dunia, termasuk di beberapa bagian di Amerika Serikat, seperti Florida. Lauki juga termasuk salah satu sayuran yang menghidrasi dan gizinya penuh dengan serat dan air.

Lauki ini cocok dikonsumsi untuk memberikan efek mengeyangkan lebih cepat tanpa menaikkan berat badan. karena 92 persen yang terkandung di lauki ini hanyalah air. Sayuran tanpa lemak ini juga memiliki jumlah kalori yang sangat rendah dan diperkaya dengan mineral seperti natrium, kalsium, zat besi, dan magnesium.

Lauki enak dikonsumsi dengan cara dibuat sup hangat. Cukup ditambah dengan potongan bawang putih dan juga kaldu.

2. Mentimun

Rutin Makan Pare Hingga Mentimun Bisa Turunkan Berat Badan Foto: Istock

Mentimun adalah sayuran yang biasa digunakan dalam pembuatan salad dan smoothie. Bahkan ternyata mentimun juga berguna untuk mengurangi lemak di perut. Mentimun sangat cocok untuk tubuh karena kandungan gizinya di dalamnya yang kaya akan serat.

Nutrisi yang terkandung dalam mentimun bisa mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan pencernaan yang sehat. Dengan makan mentimun setiap hari, kita juga bisa menghilangkan kelebihan air dari tubuh dan memperbaiki kulit. Wajah akan terlihat sangat berbeda, dan tubuh akan bebas racun.

3. Okra

Rutin Makan Pare Hingga Mentimun Bisa Turunkan Berat Badan Foto: iStock

Sayuran yang dikenal dengan istilah asing lady finger ini memang belum terlalu familiar di Indonesia. Sayuran dengan nama ilmiah abelmoschus esculentus ini umumnya tumbuh di negara yang beriklim tropis. Sehingga budidaya okra mulai muncul di Indonesia.

Okra adalah salah satu jenis sayuran yang sangat rendah kalori. Dalam 100 gram okra hanya mengandung 30 kalori. Selain itu, tanaman ini juga tidak mengandung lemak atau kolesterol. Meskipun demikian, okra merupakan sumber makanan yang kaya serat, mineral, dan vitamin. Okra sering direkomendasikan oleh ahli gizi sebagai sumber makanan untuk membantu program penurunan berat badan.

Okra dikemas dengan berbagai antioksidan yang luar biasa, okra sangat membantu dalam mengelola penurunan berat badan, kadar gula darah dan kesehatan jantung. Okra juga baik untuk usus dan pencernaan. Pencernaan yang sehat adalah kunci penurunan berat badan yang sehat.

4. Pare

Rutin Makan Pare Hingga Mentimun Bisa Turunkan Berat Badan Foto: iStock

Pare yang memiliki rasa yang pahit ini ternyata mengandung vitamin A, B6, B12, C, dan D. Selain itu pare juga mengandung mineral seperti kalium, natrium, kalsium, zat besi, dan magnesium. Pare juga mengandung serat dan protein yang tinggi. Serat yang dikandung oleh pare dapat membantu mempercepat bahkan melancarkan proses metabolisme tubuh.

Mineral yang ada dalam pare juga dapat mempercepat pembakaran lemak. Karena pare kaya akan serat, membantu mengatur kadar insulin dan memiliki jumlah kalori yang rendah, maka dapat mencegah pembentukan dan pertumbuhan sel-sel lemak baru.

Baca Juga: Segar Pahit Jus Pare Efektif Turunkan Berat Badan (lus/lus)