5 Cara Praktis dan Mudah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 04 Mar 2019 14:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Mendapatkan tubuh yang langsing, ada beberapa cara yang perlu dilakukan di rumah. Memperhatikan pola makan dan disiplin bisa jadi kuncinya.

Penurunan berat badan jadi tantangan tersendiri bagi setiap orang. Agar berat badan sesuai dengan yang diinginkan, tentu perlu kesabaran dan diiringi dengan olahraga yang teratur.

Dikutip dalam NDTV (01/03) berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah untuk menunjang penurunan berat badan.

1. Jangan menyimpan banyak makanan

5 Cara Praktis dan Mudah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: Istock

Ketika lingkungan Anda dipenuhi dengan banyak makanan atau makanan ringan hal ini bisa saja menggagalkan diet Anda. Keripik atau jajanan manis sebaiknya tidak disimpan di tempat yang dekat dengan jangkauan Anda.

Sebaiknya simpan camilan ini jauh dari jangkauan Anda. Kalau tempat penyimpanannya jauh, ketika ingin ngemil bisa jadi Anda malas untuk mengambilnya. Camilan yang renyah dan gurih atau manis mengandung kalori yang tinggi.

Baca juga: Diet Ketat Tapi Berat Badan Tak Turun-turun? Mungkin Anda Lakukan 8 Kesalahan Ini

2. Kurangi ukuran porsi

5 Cara Praktis dan Mudah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: Thinkstock


Ketika sedang berencana mengurangi berat badan. Sebaiknya pilih porsi yang tak besar. Piring berukuran besar cenderung memberikan Anda ilusi bahwa Anda makan lebih sedikit, ini karena terlihat makanan berserakan dan terlihat tak terlalu banyak.

Menikmati makanan dengan porsi kecil atau sedang bisa mencegah konsumsi kalori ekstra. Dalam satu porsi makanan sebaiknya mengandung zat gizi lengkap dan seimbang yaitu karbohidrat, protein hingga lemak.

3. Konsumsi sayuran lebih banyak

5 Cara Praktis dan Mudah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Ketika makan, cobalah untuk makan sayuran sehat sebanyak mungkin yang tinggi serat. Sayuran segar bisa dinikmati dengan campuran ayam panggang hingga kari. Untuk menikmati ayam panggang, Anda bisa mengukus atau merebus sayuran.

Selain sayuran, agar konsumsi serat lebih banyak Anda juga dapat mengonsumsi nasi merah yang tinggi serat namun rendah karbohidrat. Jika mengonsumsi sayuran dan makanan tinggi serat, Anda akan dapat menahan lapar lebih lama.

4. Hindari makanan dengan gula tersembunyi

5 Cara Praktis dan Mudah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: Thinkstock

Menurunkan berat badan yang sehat tentu harus membatasi asupan gula. Gula hanya menghasilkan kalori kosong yang minim zat gizi. Namun kalau menumpuk di dalam tubuh justru akan terakumulasi menjadi lemak.

Salah satu makanan yang sering mengandung gula tersembunyi adalah puding, yogurt, jus buah hingga susu almond. Selain itu, gula tersembunyi juga ada dalam saus tomat, mayonaise serta sereal buah-buahan. Untuk itu sebaiknya cermat dalam membaca label sebelum membeli sebuah produk.

Baca juga: Biar Bisa Makan Enak Tanpa Naik Berat Badan, Ikuti 5 Trik Ini

5. Makan perlahan

5 Cara Praktis dan Mudah Ini Bisa Bantu Turunkan Berat BadanFoto: iStock

Jangan menelan makanan sekaligus. Makan perlahan, kunyah makanan dengan baik untuk meningkatkan daya cerna. Ini memungkinkan penguraian makanan yang lebih baik dan jalan yang lebih mulus melalui saluran cerna.

Pencernaan yang sehat adalah kunci untuk metabolisme yang sehat dan penurunan berat badan. Ketika Anda makan dengan cepat, otak Anda tidak punya waktu untuk mengirimkan sinyal rasa kenyang. Sehingga akhirnya makan lebih banyak kalori daripada yang Anda butuhkan. (lus/odi)