Hidangan Natal

Biar Bisa Makan Enak Tanpa Naik Berat Badan, Ikuti 5 Trik Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 20 Des 2018 18:18 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat Natal, makanan manis dan gurih yang tinggi kalori banyak disajikan. Agar berat badan tak naik, siasati dengan trik ini.

Ketika sedang menjaga berat badan, jangan sampai makan kalap di hari Natal membuat diet gagal. Banyak orang yang gagal karena tergoda dengan makanan enak. Terlebih kagi saat kumpul keluarga dan disuguhkan aneka kue dengan hidangan spesial.

Bukan menahan lapar sepanjang hari. Saat menikmati makanan enak, ada trik khusus yang bisa Anda lakukan agar bobot tubuh tidak naik. Berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

Baca juga: Ini Dia 5 Pola Makan yang Menyenangkan dan Menyehatkan

1. Ukuran piring

Cegah Berat Badan Naik, Ikuti 5 Tips Ini Saat Menikmati Makanan EnakFoto: Istock

Di maje hidang tidak hanya satu jenis makanan yang disajikan. Ada banyak sekali makanan enak dan spesial dengan paduan gurih sampai manis. Menikmati makanan dengan piring besar dapat membuat Anda mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Tidak hanya membatasi porsi, cobalah pilih makanan tinggi protein dan makanan tinggi serat berupa sayur dan buah agar kenyang lebih lama. Mengonsumsi banyak sayuran seperti wortel, kembang kol, brokolo hingga kacang hijau yang tinggi vitamin, mineral dan antioksidan.

2. Hindari minuman manis

Cegah Berat Badan Naik, Ikuti 5 Tips Ini Saat Menikmati Makanan EnakFoto: iStock

Minuman manis mengandung tinggi kalori. Saat Natal, sudah pasti tidak hanya ada kue tapi juga minuman manis dan dingin. Bir, champagnye, soda dan minuman berkarbonasi lainnya diketahui dapat meningkatkan berat badan. Sebagai gantinya, pilih minum air putih, infused water atau jus buah asli tampa campuran gula buatan.

3. Jangan sampai kelaparan

Cegah Berat Badan Naik, Ikuti 5 Tips Ini Saat Menikmati Makanan EnakFoto: Istock

Menurut ahli gizi, saat perut terasa terlalu lapar secara otomatis Anda menginginkan makanan tinggib lemak, minyak serta manis. Oleh karena itu jangan sampai biarkan perut kelaparan dan akhirnya makan dengan kalap.

Siasati dengan menyediakan camilan berupa segenggam almond panggang, biskuit gandum dan buah segar. Namun tetap batasi porsinya, jangan terlalu banyak.

4. Bahan pengganti

Cegah Berat Badan Naik, Ikuti 5 Tips Ini Saat Menikmati Makanan EnakFoto: Istock

Gula pasir yang terkandung dalam makanan manis dapat menimbulkan masalah kesehatan terutama terkait berat badan. Cobalah ganti dengan madu yang merupakan alternatif gula yang lebih sehat. Untuk memuaskan lidah dengan rasa manis, nikmatilah beberapa jenis buah-buahan manis dan juga segar yang tinggi kandungan air. Selain bisa lebih cepat kenyang, Anda pun tak akan tergoda dengan makanan manis.

5. Berolahraga

Cegah Berat Badan Naik, Ikuti 5 Tips Ini Saat Menikmati Makanan EnakFoto: iStock

Berolahraga di pagi hari tentu wajib Anda lakukan untuk menjaga berat badan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal Medicine and Science in Sports and Exercise, memulai hari dengan berolahraga bisa memastikan perilaku pola makan yang lebih baik sepanjang hari.

Olahraga di pagi hari membuat metabolisme akan mulai mengalir sehingga membuat tubuh Anda membakar kalori lebih cepat sepanjang hari sehingga menahan kenaikan berat badan secara signifikan.

Baca juga: Dengan Sedikit Trik Ini, Makanan Sehat Rasanya Bisa Jadi Lebih Enak (1) (lus/odi)