Dengan Sedikit Trik Ini, Makanan Sehat Rasanya Bisa Jadi Lebih Enak (1)

Regita Lorena - detikFood Senin, 10 Jul 2017 17:21 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Umumnya makanan sehat kurang menarik selera. Karena memakai sedikit gula, garam dan lemak. Padahal dengan sedikit trik makanan sehat tetap bisa enak rasanya.

Orang punya banyak alasan untuk konsumsi makanan sehat. Menjaga tubuh tetap sehat atau berat badan terkendali. Karenanya proses memasaknya juga harus memakai bumbu dan bahan menyehatkan.

Baca juga: Ini 6 Cara Agar Anda Menyukai Makanan Sehat

Tidak bisa dipungkiri, rasa memang memiliki peran penting saat menyantap makanan. Bagaimana caranya makanan tetap sehat tetapi juga memuaskan lidah? Beberapa trik sederhana dari cheatsheet (20/6) berbagai sumber ini bisa Anda praktekkan saat memasak.

Dengan Sedikit Trik Ini, Makanan Sehat Rasanya Bisa Jadi Lebih Enak (1)Mentega Bisa Bikin Rasa Masakan Lebih Enak (Foto: Getty Images)

1. Bumbui mentega
Membumbui mentega dapat menambahkan rasa yang tidak didapat dari mentega biasa. Bawang putih dan lemon bisa menjadi tambahan saat sedang memasak daging. Agar makanan lebih sehat, gunakan mentega secukupnya.

2. Memanggang Sayuran
Banyak orang tidak menyukai rasa sayuran, contohnya bit. Memanggang bit dapat mengimbangi rasa dan aroma langunya. Potong daun dan batangnya lalu panggang bit pada suhu 200 C selama 30 menit. Kemudian, kupas dan sajikan sebagai campuran salad.

3. Ganti krim asam, mayonnaise atau mentega dengan Greek yogurt
Labneh dapat menggantikan bahan-bahan makananan berkalsium tinggi seperti mayonaise dan mentega. Tidak hanya itu, greek yogurt juga dapat menggantikan mentega untuk memanggang makanan. Grek yogurt dapat menambahkan rasa dan kelembutan pada makanan.

Dengan Sedikit Trik Ini, Makanan Sehat Rasanya Bisa Jadi Lebih Enak (1)Alih-alih Gula, Coba Tambahkan Garam pada Teh atau Kopi (Foto: iStock)

4. Gunakan garam sebagai pengganti gula
Agar kafein yang dikonsummi setiap pagi lebih sehat, penggunaan gula dapat digantikan dengan garam laut. Garam dapat mengintensifkan rasa teh atau kopi. Kopi akan terasa lebih halus, karena garam dapat menetralisir kepahitan, tanpa kalori ekstra seperti gula.

5. Tambahkan bumbu pada garam
Menggunakan garam dengan campuran bumbu pada makanan dapat menambah kompleksitas rasa. Garam dengan campuran bumbu atau rempah dapat dibuat dengan menambahkan ketumbar atau rosemarry ke garam.

(adr/odi)