5 Tips Puasa Aman Bagi Penderita Maag agar Ibadah Lancar

Riska Fitria - detikFood Minggu, 18 Apr 2021 04:00 WIB
5 Tips Puasa Aman Bagi Penderita Maag agar Ibadah Lancar Foto: iStock
Jakarta -

Menjalani ibadah puasa bagi penderita maag kronis tentu menjadi tantangan tersendiri. Agar puasa tetap lancar, kamu bisa mengikuti tip-tips puasa ini.

Maag adalah penyakit sistem pencernaan yang disebabkan oleh beberapa kondisi. Salah satunya adalah pola makan yang salah. Tentu saja kondisi tersebut dapat mengganggu ibadah berpuasa.

Mengingat saat berpuasa harus menahan makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Karenanya bagi penderita maag harus pandai-pandai memilih jenis makanan saat sahur dan berbuka.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 tips berpuasa bagi penderita maag:

1. Jangan Tinggalkan Sahur

5 Tips Puasa Aman Bagi Penderita Maag agar Ibadah Lancar5 Tips Puasa Aman Bagi Penderita Maag agar Ibadah Lancar Foto: iStock

Bagi penderita maag jangan pernah melewatkan waktu sahur. Dengan makan saat sahur dapat menjaga tingkat normal asam lambung, sehingga sakit maag tidak kambuh saat berpuasa.

Lagi pula, sahur juga memiliki keutamaan tersendiri bagi umat Muslim sebelum berpuasa. Selain untuk sebagai cadangan energi, dengan melakukan sahur juga bisa mendapatkan pahala.

Baca Juga : 7 Tips Sahur Agar Tidak Dehidrasi saat Berpuasa

2. Hindari Makanan yang Mengandung Gas

5 Tips Puasa Aman Bagi Penderita Maag agar Ibadah Lancar5 Tips Puasa Aman Bagi Penderita Maag agar Ibadah Lancar Foto: iStock

Penting juga untuk memilih jenis makanan saat sahur maupun berbuka puasa.Hindarilah makanan yang mengandung gas, seperti sawi, kol, nangka dan brokoli. Sebab kandungan gas di dalamnya bisa meningkatkan asam lambung.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com