5 Tips Sahur agar Puasa Tak Cepat Lapar

Lusiana Mustinda, Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 30 Apr 2020 04:00 WIB
sahur Sahur sehat. Foto: Getty Images/iStockphoto/ferozeea
Jakarta -

Ketika ingin menjalani ibadah puasa, memilih menu makanan saat sahur sangat penting untuk diperhatikan. Karena jika kita sampai salah pilih menu, tubuh akan terasa mudah lapar dan juga haus.

Selain makanan, tubuh juga perlu mengasup cairan berupa air putih yang cukup agar tak dehidrasi.

Dikutip dalam Arab News (28/04/2020), berikut beberapa tips sahur sehat agar tak mudah lapar:

1. Makanan Tinggi Protein


Protein lebih rendah kalori dibandingkan dengan lemak. Protein juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat, jadi itu adalah pilihan sehat yang sempurna untuk membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Pilih telur, ikan, ayam, yoghurt, tempe, tahu atau quinoa sebagai asupan protein.

Buah tinggi serat.Buah tinggi serat. Foto: beautynesia

2. Asupan Serat


Kamu bisa menikmati sahur praktis dengan merebus telur di malam hari dan saat sahur cukup menambahkan roti gandum atau campuran overnight oat yang berisi oat dan susu. Overnight oat bisa dimasukkan ke dalam lemari es dan ditambahkan dengan buah saat sahur.

Selain cara di atas, kamu juga bisa menambah asupan serat dengan mengonsumsi buah-buahan segar.

Air putih agar terhindari selama sahur.Air putih agar terhindari selama sahur. Foto: Istimewa

3. Tetap Terhidrasi


Banyak asupan air sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain konsumsi air putih, kamu juga bisa menambahkan air dari makanan sehat seperti mentimun, tomat, bayam hingga jeruk yang tinggi akan kandungan air. Hindari konsumsi kopi saat sahur karena kopi bersifat diuretik sehingga bisa mempercepat dehidrasi.

4. Hindari Junk Food


Ini sangat penting untuk menjaga rasa lapar dan haus. Makanan tinggi garam seperti daging olahan dapat menyebabkan ketidakseimbangan natrium dalam tubuh dan membuat kamu cepat haus.

Sementara itu, makanan tinggi gula seperti croissant dan sereal rendah nutrisi membuat kamu cepat lapar. Sebaiknya pilih makanan sahur yang mengandung lemak sehat seperti alpukat dan salmon, untuk memperlambat pencernaan.

5. Istirahat yang Cukup


Istirahat yang cukup tidak hanya membuat ibadah kita di malam hari optimal. Istirahat dengan cara tidur juga bisa membantu mengurangi pembakaran kalori dan membuat tubuh terasa segar.



Simak Video "Menu Sahur Simple: Masak Tomato Scramble Egg"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)