9 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut

Lusiana Mustinda - detikFood Senin, 02 Des 2019 11:00 WIB
Menghilangkan bau jengkol di mulut. Foto: Thinkstock Menghilangkan bau jengkol di mulut. Foto: Thinkstock
Jakarta - Jengkol punya rasa yang enak. Namun, aromanya yang menyengat membuat mulut dan air seni memiliki aroma tak sedap. Ini cara menghilangkan bau jengkol di mulut.

Bau dari jengkol disebabkan dari senyawa djengkolic acid atau asam jengkolat. Umumnya, masyarakat Indonesia mengolah jengkol dengan cara di rendang, balado serta dibuat sambal.


Tak mau bau setelah makan jengkol? Yuk, coba konsumsi beberapa makanan ini yang dipercaya bisa menghilangkan bau jengkol baik di mulut atau air seni.

1. Mentimun

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut bisa dilakukan dengan makan mentimun. Mentimun mengandung banyak air sehingga dapat menyegarkan mulut setelah makan jengkol. Fungsinya sama dengan jika kamu minum air putih banyak setelah makan jengkol.

2. Beras

Cara ajaib untuk menghilangkan bau jengkol di mulut, cukup ambil segenggam beras lalu kunyah. Akan tetapi jangan ditelan ya, cukup kunyah halus dan buang beras.

3. Kopi Hitam

Cara menghilangkan bau jengkol dengan kopi memang sering dilakukan banyak orang. Kopi dapat bantu menetralisir aroma jengkol di mulut. Jika ingin menghilangkan aroma kopi, kamu dapat menyeduh kopi tanpa gula atau kopi pahit.

Selain itu, kamu juga bisa mengunyah bubuk kopi untuk menghilangkan bau jengkol di mulut.

4. Teh Hijau

Teh hijau mengandung polyphenols yang dapat membantu menetralisir aroma tak sedap di mulut. Secangkir teh hijau tanpa gula dapat membantu mengusir bau jengkol dari dalam mulut.

5. Garam

Pernah mencoba hilangkan bau jengkol dengan mengunyah garam? Cara 'ajaib' ini mungkin bisa kamu lakukan kalau kamu menyukai makanan asin. Garam memiliki rasa asin dan mungkin agak sedikit kurang enak jika kamu mengunyahnya.

Akan tetapi, cara ini dapat membantu kurangi aroma jengkol di mulut. Garam dapat memproduksi air liur di mulut sehingga lebih mudah hilangkan bau.

Jengkol yang punya rasa enak tetapi baunya menyengat.Jengkol yang punya rasa enak tetapi baunya menyengat. Foto: Istimewa

6. Permen Karet

Makan permen karet atau permen mint bisa bantu atasi mengurangi bau mulut. Sedangkan permen karet dengan berbagai aroma bisa mengurangi bau mulut dan menghilangkan kotoran yang menempel di gigi.

7. Susu

Susu dikenal memiliki sifat netral. Sehingga sering dikatakan jangan mengonsumsi susu berbarengan dengan obat. Kandungan senyawa Allyl Sulfida metil dalam susu akan membantu menghilangkan aroma tak sedap gara-gara jengkol.

8. Minuman Bersoda

Siapa sangka kalau menghilangkan bau jengkol bisa dengan soda. Mengonsumsi minuman berkarbonasi atau bersoda ternyata dapat menghilangkan bau jengkol di mulut.

9. Perbanyak Air Putih

Banyak minum air putih tidak hanya dapat mengurangi aroma bau jengkol di mulut tetapi juga menjadi salah satu cara menghilangkan bau setelah jengkol di urin.

Banyak minum air juga akan mempengaruhi penyerapan senyawa kimia jengkol di urin. Semakin banyak air di tubuh yang tersaring ke ginjal maka senyawa jengkol semakin tidak pekat. Inilah yang menyebabkan kadar senyawa jengkol di urin semakin berkurang sehingga baunya pun berkurang.





Simak Video "Resep Semur Jengkol"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)