Hari Stroke Sedunia, Ini 5 Nutrisi Makanan yang Bisa Cegah Stroke

Riska Fitria - detikFood Selasa, 29 Okt 2019 16:03 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: iStock

1. Asam Folat

Mencegah stroke dapat dilakukan dengan mengasup nutrisi folat pada makanan. Menurut penelitian hampir sebanyak 10.000 orang dewasa makan makanan yang kaya akan folat berhasil menurunkan risiko stroke hingga 20%. Melihat jumlah penderita stroke di Amerika Serikat sangat banyak, para peneliti meminta produsen makanan untuk memasukkan kandungan folat ke dalam tepung yang akan digunakan untuk membuat enak makanan.

Terbukti, setelah melakukan hal tersebut Amerika Serikat berhasil mengurangi 10-15% kematian yang diakibatkan oleh stroke. Mengonsumsi makanan yang mengandung folat juga bisa mencegah stroke. Makanan seperti kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi karena bermanfaat untuk kesehatan otak dan jantung yang akan berpengaruh pada pencegahan penyakit stroke.

Kacang-kacangan merupakan sumber vitamin B folat. Jenis kacang yang dapat dikonsumsi untuk mencegah stroke ada mulai dari almond, kenari, kemiri, kacang mete, kacang kedelai, kacang tanah dan lainnya. Selain kacang-kacangan, kandungan folat juga bisa didapatkan dari biji-bijian seperti biji chia, biji rami, dan biji matahari.

(raf/odi)