5 Jenis Tahu Goreng Paling Populer, Tahu Jeletot hingga Tahu Walik

ADVERTISEMENT

Krenyes Renyah Gorengan Ndeso

5 Jenis Tahu Goreng Paling Populer, Tahu Jeletot hingga Tahu Walik

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 09 Des 2022 15:30 WIB
Tahu Goreng Isi
Foto: iStock
Jakarta -

Ada beragam jenis gorengan tahu yang populer di Indonesia. Mulai dari tahu isi yang klasik, tahu jeletot, hingga tahu walik yang belum lama ini menjadi hits.

Gorengan merupakan camilan yang umum ditemui di Indonesia. Banyak ditawarkan oleh penjual gorengan gerobak di pinggir jalan. Jenis gorengan berbahan dasar tahu sangat beragam.

Sebut saja tahu isi yang klasik. Menu ini selalu ditemui di penjual gorengan. Ada juga tahu jeletot, versi pedasnya tahu isi yang nikmat. Ada juga tahu walik hingga tahu petis.

Baca Juga: 3 Tips Menggoreng Agar Hasilnya Renyah Tahan Lama dari Tukang Gorengan

Berikut 5 gorengan tahu populer di Indonesia:

1. Tahu Isi

Tahu isi merupakan gorengan tahu yang klasik. Terbuat dari tahu kulit yang bagian tengahnya dilubangi, kemudian diberikan isian sayuran berbumbu gurih. Sayuran yang biasa dijadikan isian adalah kol, wortel, dan tauge.

Sayuran tersebut ditumis dengan bumbu bawang putih, merica, dan garam. Setelah diberikan isian, tahu isi ini dibalut adonan tepung terigu dan digoreng hingga permukaan luarnya renyah.

Selain sayuran, ada juga beberapa penjual yang mengkreasikannya dengan tambahan isi. Ada yang menambahkan potongan daging ayam, maupun mengganti sayuran dengan bihun yang gurih nikmat.

2. Tahu Jeletot

Sliced Fried Tofu with chilli and vegetables, traditional indonesian foodtahu jeletot food Foto: iStock

Tahu jeletot juga salah satu gorengan yang nikmat dan memiliki banyak penggemar. Terutama untuk mereka yang menyukai pedas.

Sebenarnya mirip seperti tahu isi, hanya saja isian dalamnya diberikan sambal yang pedasnya nampol. Tahu jeletot ini kerap disebut gehu kalau di Jawa Barat.

Ukuran tahu jeletot juga lebih besar dari tahu isi biasa. Beberapa penjual menawarkan tahu jeletot dengan harga Rp 2.000 - Rp 3.000 per buah. Makan satu buah saja sudah puas dan langsung tersengat rasa pedasnya.

Baca Juga: Resep Tahu Goreng Panir Saus Kacang yang Renyah Gurihnya Spesial



Simak Video "Mesti Coba! Uniknya Rasa Gorengan Buah di Jakarta Pusat"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT