Dipajang di Resto, Apa Fungsi Patung Kucing yang Memanggil-manggil?

ADVERTISEMENT

Dipajang di Resto, Apa Fungsi Patung Kucing yang Memanggil-manggil?

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Senin, 28 Nov 2022 17:30 WIB
Dipajang di Resto, Apa Fungsi Patung Kucing yang Memanggil-manggil?
Foto: Getty Images/iStockphoto/liebre
Jakarta -

Saat ke restoran China atau Jepang, kamu mungkin sering menemukan sosok patung kucing menggemaskan di dekat area kasir. Tak sekadar pajangan, patung kucing ini punya arti lho!

Patung kucing nan menggemaskan ini dikenal dengan sebutan Maneki Neko. Ukurannya beragam mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar. Warna dan motif patung kucing ini begitu terang dengan yang umum didominasi putih dan merah.

Selain patung keramik, maneki neko yang tangannya naik ini juga hadir dalam versi bahan kayu atau plastik dengan tangan yang bisa bergerak. Tangan kucing ini seolah memanggil-manggil siapapun yang melihat untuk mampir.

Sebenarnya apa itu maneki neko? Mengapa banyak restoran China dan Jepang memajang patung ini?

Mengutip Live Japan (18/2/2021), secara harfiah arti nama "maneki neko" adalah "kucing yang memanggil". Kucing ini diidentifikasikan sebagai kucing ramah dan simbol keberuntungan.

Dipajang di Resto, Apa Fungsi Patung Kucing yang Memanggil-manggil?Maneki Neko hadir dalam berbagai versi, termasuk yang berwarna emas ini. Foto: Getty Images/iStockphoto/liebre

Ada perdebatan mengenai dari mana asal-usul Maneki Neko, tapi informasi yang populer menyebut asalnya dari Tokyo atau Osaka. Satu hal yang pasti, patung kucing ini pertama kali muncul pada akhir Periode Edo.

Jika dilihat lebih dekat, patung kucing Maneki Neko dilengkapi sederet aksesoris. Di bagian leher ada kerah dan lonceng yang merupakan atribut umum untuk kucing peliharaan.

Lalu ada koin emas yang ternyata melambangkan uang jumlah besar. Ada lagi ikan koi yang dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kelimpahan. Kemudian kantong uang melambangkan kekayaan.

Aksesoris atau atribut pada Maneki Neko bisa jadi berbeda antarproduk. Beberapa produsen juga mencantumkan benda lain yang tujuannya sama-sama untuk keberuntungan atau kekayaan.

Dipajang di Resto, Apa Fungsi Patung Kucing yang Memanggil-manggil?Maneki Neko diyakini sebagai simbol keberuntungan yang membawa banyak arti dan harapan baik. Foto: Getty Images/iStockphoto/liebre

Menariknya lagi, posisi tangan yang diangkat Maneki Neko juga punya arti. Jika tangan kanan, artinya berharap ada kemakmuran dan keberuntungan. Jika tangan kiri, artinya mengajak pelanggan datang ke tempat bisnis pemilik.

Lalu jika dua tangan patung kucing ini mengangkat, artinya memberi perlindungan. Semakin tinggi tangan patung kucing terangkat, maka konon semakin banyak keberuntungan yang bakal dibawa.

Maneki Neko hadir dalam beberapa warna. Warna ini juga perlambang kebaikan seperti putih yang menyimbolkan hal positif dan kemurnian, hitam merupakan perlindungan akan aura jahat, emas adalah lambang kemakmuran dan kekayaan, merah simbol cinta dan pernikahan, serta pink yang merupakan lambang cinta dan romansa.

Seiring waktu, Maneki Neko berkembang. Figur patung kucing ini muncul dalam berbagai bentuk budaya pop seperti literatur, anime, dan bahkan video game. Maneki Neko telah menjadi favorit di kalangan penggemar budaya Jepang, serta mereka yang tertarik dengan jimat keberuntungan.



Simak Video "Resto Jepang Tertua di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT