Mengenal Kopi Guatemala yang Masuk Daftar 10 Kopi Terbaik di Dunia

ADVERTISEMENT

Mengenal Kopi Guatemala yang Masuk Daftar 10 Kopi Terbaik di Dunia

Riska Fitria - detikFood
Senin, 21 Nov 2022 07:30 WIB
%Arabica Senopati
Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Memiliki karakteristik yang unik, kopi Guatemala banyak disukai pecinta kopi. Bahkan kopi Guatemala masuk ke dalam urutan 10 biji kopi terbaik di dunia.

Guatemala merupakan sebuah negara yang berada di Amerika Tengah. Guatemala memang dikenal sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia. Biji kopinya dikenal dengan sebutan kopi Guatemala.

Kopi Guatemala kemudian populer hingga ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Kafe asal Kyoto, %Arabica yang buka beberapa cabang di Jakarta pun menggunakan biji kopi Guatemala untuk racikan kopinya.

1. Awalnya Dianggap sebagai Tanaman Hias

Warga menunjukkan tanaman kopi yang tumbuh di Pegunungan Meratus di Desa Alat, Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, Kamis (26/8/2021). SPI Kalimantan Selatan merencanakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah menjadi pusat pengembangan tanaman kopi di Kalimantan Selatan dengan menyiapkan 100 ribu bibit kopi yang akan di tanam di desa-desa pedalaman sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat, hingga saat ini pihak SPI Kalsel telah menemukan tiga jenis tanaman kopi yang tumbuh di wilayah Pegunungan Meratus yaitu jenis kopi Robusta, Liberika dan Ekselsa. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.Pohon kopi di Guatemala pada awalnya hanya dijadikan sebagai tanaman hias. Foto: ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S

Kopi Guatemala sudah populer sejak lama. Dikutip dari Homegrounds, pertama kali kopi dibawa ke Guatemala adalah pad pertengahan 1700-an. Saat itu, tanaman kopi dianggap sebagai tanaman hias.

Karena pada saat itu, Gautama melakukan produksi utama berupa pewarna alami. Kemudian, pewarna sintetis mulai bermunculan sehingga membuat industri pewarna alami menurun.

Nah, saat itulah Pemerintah Guatemala mengerahkan masyarakatnya untuk mulai memproduksi biji kopi. Hasil produksi dari biji kopi itu berhasil menyelamatkan perekonomian mereka.

Baca Juga: Sering Minum Kopi Membuat Kulit Kusam dan Kendur, Ini Penyebabnya

2. Kebanyakan Produksi Kopi Arabika

Agar Tak Salah Beli, Kenali Perbedaan 4 Jenis Biji Kopi IniSebagian besar biji kopi yang diproduksi di Guatemala adalah jenis kopi arabika. Foto: Getty Images/iStockphoto/Songsak Paname

Di Guatemala ada beberapa daerah yang dikenal sebagai penghasil kopi. Daerah tersebut adalah San Marcos, New Oriente, Fraijanes, Coban, Atitlan, Antigua dan Huehuetenango.

Tiga di antaranya seperti Atitlan, Huehuetenango dan Antigua adalah yang populer. Untuk di Indonesia sendiri biasanya lebih populer biji kopi Guatemala dari daerah Antigua.

Sebagian besar biji kopi yang diproduksi di Guatemala adalah jenis kopi arabika.



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT