Minum Kopi Lebih Sehat dengan 6 Tips Gampang Ini

ADVERTISEMENT

Minum Kopi Lebih Sehat dengan 6 Tips Gampang Ini

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 07 Jun 2022 05:00 WIB
Kesalahan minum kopi yang dapat menurunkan fungsi otak
Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Walaupun dinilai sebagai salah satu minuman sehat, minum kopi juga ada aturannya. Enam tips ini disarankan agar konsumsi kopi tidak mengganggu kesehatan.

Segelas kopi seolah tidak boleh ketinggalan saat pagi hari dan akan memulai aktivitas. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kopi juga bermanfaat untuk kesehatan sehingga kopi disarankan untuk dikonsumsi secara rutin.

Ternyata walaupun masuk ke dalam salah satu minuman sehat, kopi juga harus dikonsumsi sesuai aturan yang disarankan. Sama seperti yang lainnya, segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik termasuk minum kopi.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara efektif dan meminimalisir efek sampingnya, ada tips yang bisa dilakukan saat akan menikmati secangkir kopi. Mulai dari racikan hingga waktu konsumsi yang tepat bisa ditiru agar minum kopi tidak mengganggu kesehatan.

Berikut ini 6 tips minum kopi lebih sehat menurut Fearles Eating:

Efek Minum Kopi Sebelum TidurTidak hanya makanan, kopi yang organik juga dinobatkan sebagai pilihan yang lebih sehat. Foto: iStock

1. Pilih yang organik

Tidak hanya sayuran, memilih kopi juga disarankan yang organik. Hal ini lantaran banyak kopi yang ditanam konvensional menggunakan pestisida untuk perawatannya. Memilih kopi yang organik disarankan untuk meminimalisir masuknya sisa pestisida yang masih menempel pada biji kopi.

Beberapa produsen kopi sudah mulai banyak yang menyediakan biji kopi yang ditanam dan dirawat secara organik. Catatan lain, usahakan untuk memilih biji kopi yang alami dan bukan yang telah dilengkapi penambah rasa buatan.

2. Jangan tambahkan gula

Tips ini menjadi tips yang paling populer dan dinobatkan sebagai kunci utama untuk membuat secangkir kopi menjadi lebih sehat. Walaupun terdengar bukan cara yang sulit tetapi tips ini diakui menjadi cara membuat 'kopi sehat' yang lebih sulit bagi sebagian orang.

Beberapa orang bahkan secara tidak sadar justru mengalami ketagihan terhadap gula dan pemanis yang ditambahkan pada kopi bukan hanya kandungan kafeinnya saja. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencicipi beberapa varian biji kopi yang memang sudah kaya rasa alaminya dibandingkan menambahkan gula atau pemanis ke dalam cangkirnya.

3. Beli kopi biji

Tips ini sering dilupakan padahal penting fungsinya. Jika ingin membeli kopi untuk disimpan, sebisa mungkin pilih kopi yang dijual masih dalam bentuk biji dibandingkan kopi yang sudah digiling halus menjadi bubuk.

Kopi lebih sensitif terhadap oksigen, kelembaban hingga aroma dari bahan makanan lain yang dapat mengganggu kesegaran kopi. Ketika kopi telah dipengaruhi oleh terlalu banyak oksigen yang paling dikhawatirkan adalah kandungan antioksidan kopi terganggu.

Tips minum kopi dengan sehat lainnya ada pada halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Makan Bakso Pakai Sambal Barbar"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT