ADVERTISEMENT

Sempat Berhutang Rp 1,2 M, Kini Pria Ini Sukses Punya 7 Bisnis Kuliner

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 06 Jun 2022 13:00 WIB
Sempat Berhutang Rp 1,2 M, Kini Pria Ini Sukses Punya 7 Bisnis Kuliner
Foto: 8Days
Jakarta -

Alami kegagalan bisnis tidak membuat pria ini patah semangat. Sempat berhutang hingga Rp 1,2 miliar, pria ini sekarang sukses membangun tujuh bisnis kulinernya.

Berhasil membangun sebuah bisnis bukan berarti tidak akan ada kegagalan yang terjadi. Seorang pria yang mengaku begitu mencintai hidangan khas Jepang, akhirnya memutuskan untuk membuat bisnis kuliner dari makanan favoritnya itu.

Hidup dalam keterbatasan ekonomi dan tidak bisa menikmati hidangan Jepang yang digemarinya membuat pria ini terinspirasi untuk mewujudkannya dalam bentuk bisnis kuliner saja. Sayangnya, setelah 3 tahun bisnis itu berdiri ia mengalami kerugian dan hutangnya menumpuk.

Pria ini harus banting tulang untuk melunasi semua hutang-hutangnya. Tak sedikitpun patah semangat, dirinya kini berhasil mendapatkan kesuksesannya kembali.

Sempat Berhutang Rp 1,2 M, Kini Pria Ini Sukses Punya 7 Bisnis KulinerSempat berhutang Rp 1,2 M, pria ini kembali bangkit setelah membangun bisnis rice bowl kaki lima. Foto: 8Days

Mengutip 8 Days (5/6) Khoo Keat Hwee, pria Singapura berusia 35 tahun ini mengisahkan perjalanan bisnisnya yang cukup rumit. Sebelum memiliki lima gerai rice bowl dan dua kafe, Khoo pernah memiliki hutang senilai Rp 1,2 miliar!

Tumpukan hutangnya datang dari bisnis kuliner bernama Tenryu Japanese Dining and Teahouse yang didirikannya pada tahun 2015 silam. Sayangnya, restoran Jepang milik Khoo terpaksa tutup di tahun 2018 dan meninggalkan banyak hutang yang harus dibayarkan.

"Aku pernah menyetir selama 12 jam dalam sehari hanya untuk membayar hutang-hutangku. Itu benar-benar masa terkelam yang harus dilewati selama dua tahun dalam hidupku dan aku seolah menyembunyikan itu dari dunia luar," ungkap Khoo.

Pengalaman Khoo yang pernah terpuruk dalam masa kelam hidupnya selama dua tahun membuatnya cukup mengerti kesulitan yang banyak dirasakan orang saat pandemi mulai melanda. Tidak disangka, menjajakan rice bowl kaki lima dengan harga yang murah membawa Khoo pada kesuksesan dan mampu balik modal hanya dalam 4 bulan saja.

Sempat Berhutang Rp 1,2 M, Kini Pria Ini Sukses Punya 7 Bisnis KulinerDirinya bahkan berhasil kembangkan dua kafe yang menggenapi bisnis kulinernya berjumlah 7 gerai. Foto: 8Days

Gerai Mentai-Ya, bisnis rice bowl milik Khoo, pertama kali dibuka di kawasan Bukit Panjang kopitiam yang juga dikenal dengan deretan gerai makanan Jepang lainnya. Kesuksesan yang didapat Khoo ini membuat dirinya tertarik untuk melakukan investasi dengan membuka kafe bernama Chirashi-Ai di Beauty World Center pada tahun 2021 silam.

Tidak lama dari pembukaan kafe pertama miliknya, keuntungan Khoo semakin meningkat dan dirinya berhasil membuka kafe kedua di kawasan Choa Chu Kang. Khoo menyediakan menu lengkap mulai dari sarapan hingga menu untuk makan malam di kafenya.

Baru mendapatkan kejayaannya, Khoo dikejutkan dengan dua ulasan palsu yang mengungkapkan bahwa gerai Mentai-Ya miliknya memiliki kualitas yang sangat buruk. Ulasan palsu tersebut menyebutkan bahwa pelayanan di gerai rice bowl milik Khoo sangat buruk, porsi makanannya yang kecil hingga fitnah bahwa ada pelanggan yang sakit setelah makan di Mentai-Ya.

Mengatasi kejadian tersebut, Khoo langsung mengambil tindakan tegas dengan melaporkan pemberi ulasan palsu kepada pihak kepolisian berwajib untuk segera dilakukan investigasi. Walaupun diakui sempat mengganggu fokusnya tetapi Khoo mengaku hal itu tidak akan mengganggu ambisinya untuk terus mengembangkan bisnis kulinernya. Khoo mengatakan ia akan terus maju walaupun tantangan ke depan bakal lebih sulit.



Simak Video "Kisah Driver Ojol Antar Makanan Saat Anaknya Meninggal Disebut Modus Belaka"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT