5 Sayuran Penurun Kolesterol Secara Alami yang Disarankan Ahli Gizi

ADVERTISEMENT

5 Sayuran Penurun Kolesterol Secara Alami yang Disarankan Ahli Gizi

Diah Afrilian - detikFood
Minggu, 05 Jun 2022 05:00 WIB
-
Foto: The Nation/Asia News Network/iStock
Jakarta -

Penumpukan kolesterol berbahaya untuk kesehatan jantung. Ahli gizi mengungkapkan ada beberapa sayuran yang bisa mengatasi kolesterol secara alami jika dikonsumsi rutin.

Kolesterol merupakan lemak sterol yang berada di dalam aliran darah. Kolesterol yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan penumpukan yang berujung pada terganggunya kesehatan kardiovaskuler dan alirannya ke jantung.

Kadar kolesterol di atas batas normal bisa disebabkan oleh kebiasaan hidup yang kurang baik serta pola makan yang tidak sehat. Kolesterol yang sudah melebihi batas ditandai dengan gejala-gejala yang sangat tidak nyaman untuk tubuh.

Tidak hanya bisa diatasi dengan pengobatan secara medis, kadar kolesterol juga bisa diatasi dengan mengonsumsi beberapa jenis sayuran tertentu. Sebagai penanganan pertama, sayuran-sayuran ini direkomendasikan ahli untuk dikonsumsi setelah gejala kolesterol meningkat mulai dirasakan.

Berikut ini 5 sayuran untuk menurunkan kolesterol yang disarankan oleh ahli menurut Eat This, Not That:

Manfaat bayam untuk perut buncitMengandung serat yang tinggi, bayam disarankan untuk mengatasi kolesterol buruk yang melonjak oleh para ahli. Foto: Getty Images/iStockphoto/Zakharova_Natalia

1. Bayam

Bayam kaya vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan jantung. Bayam juga mengandung serat tinggi dan baik untuk mengatasi kadar kolesterol buruk.

Trista Best selaku ahli gizi mengungkapkan bahwa makanan tinggi serat menjadi solusi yang paling baik untuk mengatasi kadar kolesterol buruk yang melonjak. Bayam juga datang dari keluarga sayuran berdaun hijau yang membuatnya mengandung serat begitu tinggi.

"Serat dapat menurunkan kolesterol jahat yang beredar ke seluruh tubuh. Hal ini karena serat dapat mengikat kolesterol, sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh secara alami. Beberapa sayuran berserat tinggi lainnya juga disarankan untuk dikonsumsi secara rutin," kata Best.

2. Asparagus

Tumbuhan yang banyak hidup di daratan Eropa ini ternyata memiliki manfaat untuk jantung. Tumbuhan yang terlihat seperti batang ini bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan mulai dari tumisan hingga sup yang hangat.

Asparagus juga mudah ditemukan di Indonesia, biasanya dijual di supermarket atau gerai-gerai yang secara khusus menyediakan sayuran dan buah-buahan secara lengkap. Berbeda dari sayuran hijau kebanyakan, asparagus tidak memiliki rasa pahit sehingga cocok untuk untuk dijadikan pelengkap berbagai jenis makanan.

"Asparagus mengandung vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lain yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Asparagus kaya akan folat dan juga dapat membantu menurunkan kadar homosistein dalam tubuh yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi darah," kata Janet Coleman, ahli gizi di The Consumer Mag.

Sayuran untuk menurunkan kolesterol lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT