7 Buah dan Sayuran Tinggi Karbohidrat, Menu Sehat Buat Diet

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 04 Jun 2022 06:00 WIB
Organic eggplants on wood background
Foto: Getty Images/iStockphoto/ozgurdonmaz
Jakarta -

Banyak pelaku diet yang mengeluhkan ingin mendapat asupan karbohidrat yang lebih sehat. Ternyata asupan karbohidrat bisa didapat dari konsumsi sayur dan buah tertentu.

Pola hidup sehat kini semakin digemari. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk menjalankan diet dengan sesehat mungkin dan mencari alternatif berbagai asupan makanannya menjadi lebih sehat.

Untuk karbohidrat, biasanya didapat dari konsumsi nasi, pasta, atau roti. Ternyata tak hanya dari makanan bertepung itu saja, beberapa buah dan sayur juga tinggi karbohidrat sehingga bisa diandalkan untuk membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat.

Berikut ini 7 buah dan sayuran tinggi karbohidrat:

Sambal goreng kentangMemiliki karbohidrat yang tinggi, kentang dinilai lebih bernutrisi diantara sumber karbohidrat yang lain. Foto: detikFood

1. Kentang

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang lebih kompleks dibandingkan karbohidrat pada nasi dan roti. Kentang banyak dipilih pelaku diet untuk dikonsumsi sehari-hari.

Konsumsi kentang bahkan disarankan untuk para pelaku olahraga kardio agar tetap memberikan nutrisi yang baik cukup yang bagi tubuh tanpa menghilangkan asupan karbohidratnya. Kentang juga cenderung lebih tinggi vitamin dan mineral dibandingkan dengan nasi atau roti.

2. Paprika

Paprika memiliki warna yang indah terutama ketika ditambahkan sebagai pemanis dalam campuran sebuah makanan. Tidak hanya warnanya saja yang indah, kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat.

Paprika juga mengandung karbohidrat yang untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh. Menambahkan paprika pada racikan salad atau menyediakannya sebagai bahan pelengkap steak ayam bisa jadi pilihan.

3. Terong

Terong banyak digemari orang Indonesia. Ternyata terong yang dibanderol dengan harga murah ini memiliki khasiat dan kandungan nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Terong diakui oleh para ahli memiliki serat yang lebih sehat dibandingkan dengan roti atau nasi. Menambahkan beberapa iris terong ke dalam makanan untuk menggantikan asupan karbohidrat bisa menjadi salah satu alternatif yang cerdas.

Buah dan sayuran lain yang direkomendasikan sebagai pendamping karbohidrat ada di halaman berikutnya.