ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Sering Minum Kopi Membuat Kulit Kusam dan Kendur, Ini Penyebabnya

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 14 Sep 2022 07:30 WIB
Oh god, a pimple! Anxious worried girl teenager or millennial woman watching herself in big mirror troubled by bad condition of facial skin acne wrinkles freckles sunspots oily irritated problem skin
Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Banyak yang menyebut bahwa kebiasaan minum kopi bisa berpengaruh pada kesehatan kulit. Bahkan disebutkan konsumsi kopi bisa membuat kulit kering.

Masalah kulit kering hingga kusam sering dialami banyak orang. Selain perawatan kulit yang tidak rutin, pola makan dan gaya hidup bisa mempengaruhi kesehatan kulit.

Seperti kebiasaan ngopi misalnya. Meski banyak masker wajah yang menggunakan bahan dasar kopi, untuk meremajakan dan merawat kulit. Tapi kebiasaan minum kopi yang terus menerus, disebut membuat kulit menjadi tak sehat.

Dilansir dari W Magazine (13/09), ada beberapa dokter dan ahli kulit yang menjelaskan bahwa rutin minum kopi bisa mempengaruhi kesehatan kulit.

Dokter Jessica Wu, selaku ahli kulit ternama dari Los Angeles menyebut bahwa kopi mengandung kafein, yang menimbulkan efek diuretik, atau membuat tubuh lebih sering buang air kecil.

Karenanya terlalu banyak minum kopi bisa membuat tubuh kehilangan banyak air. Kondisi ini membuat kulit menjadi dehidrasi dan kendur.

Baca Juga: Jenis Susu Terenak untuk Kopi, Susu Sapi, Almond, atau Oat?" selengkapnya


"Minum kopi juga terbukti mengurangi sirkulasi air pada kulit, dengan penyempitan pembuluh darah. Oleh karena itu, saya menyarankan pasien saya untuk minum satu gelas air, untuk setiap cangkir kopi atau minuman berkafein lainnya yang diminum," jelas Dokter Jessica.

People drinking coffee high angle viewPeople drinking coffee high angle view Foto: iStock

Menurutnya kopi mengandung banyak senyawa lain, dan isinya tak hanya kafein saja. Seperti antioksidan dan anti-inflamasi seperti idebnonen yang ditemukan dalam biji kopi yang baik untuk tubuh jika diminum dalam porsi yang wajar.

Sementara menurut ahli kecantikan Jillian Wright yang berasal dari New York. Kopi memang memiliki banyak manfaat kesehatan, apalagi jika minum kopi organik.

"Tapi kandungan kafein bisa menyebabkan efek yang ditimbulkan dari obat vasokonstriktor, atau penyempitan pembuluh darah, sehingga aliran darah atau oksigen tidak mengalir sempurna ke seluruh tubuh membuat toxin dari kopi ini terjebak. Hasilnya kulit menjadi pucat, abu-abu dan bisa membuat keriput jika kafein ini dikonsumsi secara berlebihan," ungkap Jillian.

Secara garis besar, memang ada beberapa kandungan dari kopi seperti kafein yang bisa membuat kulit menjadi dehidrasi hingga kering.

Namun itu semua bisa diseimbangi dengan anjuran minum kopi yang wajar, tak lebih dari 3 cangkir kopi sehari. Serta dibarengi dengan rajin minum air putih, agar tubuh dan kulit tetap terhidrasi meski minum banyak kopi.

Baca Juga: Doyan Ngopi Pagi-pagi? Ini 5 Manfaat Sehatnya" selengkapnya



Simak Video "Mencicipi Kopi di Festival Coffee Rajadesa Art and Culture"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT