Ini Cara Benar Makan Croissant dan Tips Menghangatkan Agar Tak Lembek

ADVERTISEMENT

Croissant Kekinian

Ini Cara Benar Makan Croissant dan Tips Menghangatkan Agar Tak Lembek

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 20 Nov 2022 18:00 WIB
Ini Cara Benar Makan Croissant dan Tips Menghangatkan Agar Tak Lembek
Foto: Getty Images/iStockphoto/macarosha
Jakarta -

Menikmati croissant sebenarnya sesuai selera, namun kalau mau ikuti cara orang Paris, begini kebiasaan mereka. Simak juga tips menghangatkan croissant dari baker demi mendapat kerenyahan yang sempurna.

Menikmati croissant umumnya menggunakan tangan dengan merobeknya sesuai selera. Lalu dalam jamuan formal, banyak orang makan croissant pakai bantuan pisau dan garpu.

Lantas mana yang benar? Bagaimana orang Paris menikmati viennoiserie populer dari negaranya itu? Mengutip National Post (19/11), jaringan bakery Prancis ternama, PAUL menyebut orang Paris menikmati croissant pakai tangan.

Ini Cara Benar Makan Croissant dan Tips Menghangatkan Agar Tak LembekMencelupkan croissant ke kopi susu jamak dilakukan orang Paris. Foto: Getty Images/iStockphoto/macarosha

"Kebiasaan orang Prancis lainnya adalah mencelupkan croissant sebentar ke dalam minuman panas favorit sebelum memakannya. Kami merekomendasikan kopi susu yang enak," tulis pihak PAUL.

Jaringan bakery Prancis yang punya cabang di Indonesia ini juga menyarankan agar croissant dimakan perlahan. Jangan terburu-buru agar kamu bisa menikmati tiap lapisan croissant, mulai dari yang renyah di luar hingga yang lembut di dalam.

Makan croissant juga pasti berantakan. Kamu bisa mengambil serbet berukuran besar dan melilitkannya ke bagian bawah croissant, lalu makan dari atas ke bawah.

Cara ini membuat tangan kamu tetap bersih dan remahannya tidak berserakan kemana-mana. Selain itu, kamu bisa menambahkan topping seperti whipped cream, irisan buah segar, atau selai ke croissant.

Jika ingin yang gurih, croissant juga bisa dibelah horizontal menjadi open sandwich. Di dalamnya kemudian bisa diisi telur, daging ham, keju, dan makanan gurih lainnya.

Hal penting lain dalam menikmati croissant adalah memakannya dalam kondisi hangat. Agar teksturnya renyah dan rasa croissant gurih enak.

Jangan khawatir jika kamu membelinya dari toko roti kemudian ingin makan croissant beberapa waktu setelahnya. Kamu bisa menghangatkan croissant dengan cara yang tepat.

Ini Cara Benar Makan Croissant dan Tips Menghangatkan Agar Tak LembekCara tepat menghangatkan croissant dengan oven atau air fryer. Foto: Getty Images/iStockphoto/macarosha

Kade Chandra dan Laura Hidayat, pemilik artisan bakery Nool/Strala yang juga membuat croissant, memberikan tipsnya pada detikfood (17/11). "Yang paling ideal adalah pakai oven rumahan. Suhu 180 C selama 5 menit," kata Kade.

Laura juga merekomendasikan penggunaan air fryer yang kini banyak dimiliki rumah tangga. "Kalau di air fryer juga 180 C suhunya selama 5 menit," ujar Laura.

Kade juga mengungkap dengan makan croissant dalam kondisi hangat, maka rasa gurih 'buttery' akan terasa maksimal. "Kalau saya boleh jujur, makan croissant dingin rasanya akan sama aja, mau pakai butter murah atau mahal. Karenanya paling ideal makan croissant hangat-hangat," tutupnya.



Simak Video "Sensasi Menjajal Malatang, Makanan Asal China dengan Rempah Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT