Viral 5 Penjual Makanan Jorok di India, Penuh Lalat hingga Makanan Diinjak

ADVERTISEMENT

Viral 5 Penjual Makanan Jorok di India, Penuh Lalat hingga Makanan Diinjak

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 20 Okt 2022 16:00 WIB
Viral 5 Penjual Makanan Jorok di India, Penuh Lalat hingga Makanan Diinjak
Foto: YouTube zhefailmi channel
Jakarta -

Proses pembuatan makanan di India sering kali viral karena tidak higienis. Mulai dari potongan ayam goreng yang dikerumuni lalat hingga roti siap jual yang diinjak-injak dan dijilati. Begini kisahnya.

Budaya kuliner di setiap negara sudah pasti unik dan istimewa, namun dalam pembuatannya, beberapa oknum kerap menyalahi aturan keamanan pangan. Misalnya di India dimana penjual makanan sering mengabaikan aspek higienitas.

Mereka mengolah makanan dengan tangan telanjang, menggunakan alat berkarat, membiarkan lalat hinggap di makanan, hingga yang lebih parah adalah menginjak-injak roti yang bakal dijual.

Kisah penjual makanan jorok di India ini viral di media sosial dan mendapat beragam tanggapan dari netizen. Simak informasinya di bawah ini:

1. Tomat dimasak pakai pasir

Viral 5 Penjual Makanan Jorok di India, Penuh Lalat hingga Makanan DiinjakFoto: Instagram @chatoree_brothers

Beragam jajanan kaki lima unik bisa kamu temukan di India. Salah satunya bhuna aloo, kentang yang dimasak dengan pasir panas. Kentang bakal dipanggang dengan cara diaduk dalam pasir. Nantinya setelah matang, kulit kentang bakal dikupas.

Mengadopsi prinsip ini, jajanan serupa dibuat dari tomat. Namun banyak netizen jijik melihatnya karena tomat tergolong buah basah dan berair. Kulitnya juga tipis sehingga tidak bisa melindungi bagian daging buah dengan sempurna saat diolah bersama pasir panas.

"Tomat ini memiliki konsep menyatu dengan bumi. Tapi tampaknya akan berbahaya kalau dimakan. Sisa pasir akan masuk ke perutmu," sahut seorang netizen. Untuk penyajiannya, tomat ini bakal dipotong-potong, ditaburi garam, dan saus kari.

Baca Juga: Camilan Tomat Khas India Ini Dimasak Menggunakan Pasir, Seperti Ini Rasanya

2. Es krim diolah dalam wadah berkarat

Viral 5 Penjual Makanan Jorok di India, Penuh Lalat hingga Makanan DiinjakFoto: Instagram @thefoodieshub

Penjual es krim putar di India ini jadi sorotan karena diduga menggunakan wadah berkarat. Untuk membuatnya, es batu dihancurkan dalam wadah besi bentuk silinder. Tampak penjual juga memakai alat yang berkarat di ujungnya.

Lalu penutup wadah es batu itu juga terlihat kecokelatan seperti sudah berkarat. Semua alat ini tetap ia pakai untuk mengolah adonan es krimnya yang terdiri dari buah, sirup, dan perasa. Lalu untuk menyajikannya, es krim dikikir secukupnya.

Walau tampak unik, banyak netizen menyadari wadah dan alat yang digunakan tampak berkarat. Banyak dari mereka yang mempertanyakan kehigienisan es krim putar itu.

Baca Juga: Diduga Pakai Wadah Berkarat, Es Krim Guling Ini Bikin Ngeri Netizen

3. Gerai ayam goreng dikerumuni lalat

Viral 5 Penjual Makanan Jorok di India, Penuh Lalat hingga Makanan DiinjakFoto: YouTube zhefailmi channel

Olahan ayam goreng per ekor juga ditawarkan di India. Gerainya ada di kaki lima dimana penjual menggantung ayam-ayam potong yang sudah dibumbui untuk menarik minat pelanggan.

Sayangnya pada penjual ayam goreng utuh ini ada penampakan ganjil. Lalat-lalat dengan bebas mengerumuni dan hinggap di permukaan ayam. Namun sang penjual tampak cuek dengan hal ini.

Ia tetap fokus menggoreng ayam dan kerap menggunakan tangan langsung untuk memegang ayam tersebut. Ayam goreng ini disajikan dengan pelengkap seperti irisan bawang, lemon, dan tomat. Namun lagi-lagi terlihat 'pemandangan' kerumunan lalat di sekitarnya.

Baca Juga: Jajan Ayam Goreng di Pinggir Jalan India, Netizen Salfok Kerumunan Lalatnya

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Sensasi Menjajal Malatang, Makanan Asal China dengan Rempah Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT